Sport / balap
Cesar Uji Tawakal
Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso (kiri) berbincang dengan kompatriotnya dari Italia, Valentino Rossi (Movistar Yamaha). [AFP/Juan Mabromata]

Suara.com - Beberapa waktu yang lalu, Yamaha mengkonfirmasi pemenang balapan MotoGP 15 kali, Andrea Dovizioso akan mengakhiri cuti panjangnya di Grand Prix San Marino bulan ini ketika mengambil alih kursi di Petronas Yamaha.

Dovizioso akan melanjutkan kariernya dengan SRT dalam bentuk apa pun pada tahun 2022 setelah keluarnya skuad MotoGP Malaysia pada akhir tahun dari pabrikan Yamaha.

Pembalap Italia yang memilih untuk absen pada musim 2021 karena gagal mengamankan posisi strategis usai dicopot dari Ducati, bakal menjadi rekans setim kelima Rossi telah dalam kompetisi 2021 yang sebelumnya diisi oleh Morbidelli, Garrett Gerloff, Cal Crutchlow dan Jake Dixon.

Selain efek hengkangnya VInales, gonta-ganti pembalap oleh Petronas terjadi karena Morbidelli telah absen sejak TT Belanda Juni setelah operasi pada cedera lutut.

Baca Juga: Honda, KTM, Piaggio, dan Yamaha Kembangkan Baterai Sepeda Motor Listrik Swappable

Dilansir dari Autosport, Rossi mengaku senang bisa berduet dengan Dovizioso sebelum pensiun.

Pembalap Yamaha-SRT asal Italia, Valentino Rossi, duduk di garasi, bersiap untuk mengikuti sesi pemanasan pagi menjelang balapan MotoGP GP Inggris di sirkuit Silverstone di Northamptonshire, Inggris tengah, pada 29 Agustus 2021.Adrian DENNIS / AFP.

“Ya, saya senang memiliki Dovi karena dia memiliki banyak pengalaman, dia sangat cepat dan terutama karena kami memiliki hubungan yang baik," ucap Rossi.

“Kami selalu bertarung bersama sejak 2008 dan saya sangat senang dia kembali. Dan saya pikir dia juga bisa memberikan sesuatu kepada Yamaha untuk meningkatkan motor dan saya senang kami akan menjadi rekan satu tim.”

Tak cuma Rossi, sebelumnya pembalap penguji Yamaha, Cal Crutchlow, pernah berduet dengan Dovizioso pada 2014 di Ducati dan pada 2012 di Yamaha Tech3.

Saat turun balapan nanti, Dovizioso akan mengambil alih sepeda A-spec yang dikendarai oleh Dixon di Silverstone.

Baca Juga: Kembali Reuni dengan Franco Morbidelli, Begini Tanggapan Fabio Quartararo

Crutchlow yakin bahwa Dovizioso pada akhirnya akan menjadi aset yang baik untuk Yamaha di masa depan, tetapi dia mengingatkan bahwa poin kuat gaya berkendara pembalap Italia saat ini bertentangan dengan kekuatan Yamaha.

Komentar

terkini