Sport / raket
Arief Apriadi
Pebulu tangkis Inggris Lauren Smith saat menjajal profesi jurnalis dengan tim media Federasi Badminton Dunia (BWF) di ajang Indonesia Masters 2021 di Nusa Dua, Bali, Sabtu. (Antaranews/Roy Rosa Bachtiar).

Suara.com - Pebulu tangkis asal Inggris, Lauren Smith, mengisi waktu luang di sela turnamen Indonesia Masters 2021 dengan menjadi wartawan dadakan. Dia 'direkrut' sebagai tim jurnalis Federasi Badminton Dunia (BWF).

Lauren yang telah menyudahi laganya di Indonesia Masters, diminta BWF untuk menjadi kuli tinta dan bertugas mewawancarai atlet dari nomor ganda campuran yang baru menyelesaikan pertandingannya.

"Ini pengalaman yang sangat berbeda bagi saya, tapi ini adalah kesempatan yang diberikan BWF. Mungkin saya akan lebih sering melakukannya setelah selesai bertanding," kata Lauren saat ditemui Antara di zona wawancara Indonesia Badminton Festival (IBF) di Bali, Sabtu (20/11/2021).

Lauren yang berpasangan dengan Marcus Ellis terhenti di babak perempat final, dan kini dia punya waktu luang untuk mencoba profesi baru sebelum kembali berlaga di Indonesia Open pekan depan.

Baca Juga: Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti Kalah, Pelatih Geram: Tidak Nasionalisme

Tugas pertama Lauren hari ini ialah mewawancarai ganda campuran asal Hong Kong, Tang Chun Man / Tse Ying Suet, yang lolos ke babak final setelah mengalahkan Yuta Watanabe / Arisa Higashino.

Lauren menceritakan, sebelum turun ke lapangan untuk mengemban tugas jurnalistik, ia terlebih dulu mendapat bimbingan singkat dari salah seorang jurnalis BWF untuk memikirkan ide pertanyaan dan teknik wawancara yang baik.

"Ini tantangan yang hebat dan juga menyenangkan karena mendapat bimbingan dari Diane (staf BWF). Dia memberikan saya banyak tips dan trik sehingga membuat pekerjaan ini lebih mudah," kata Lauren menceritakan.

Meski sudah mendapat arahan, namun Lauren masih butuh adaptasi dan belajar terutama pada saat menyusun pertanyaan dan memahami konteks wawancara. Baginya, hal ini adalah bagian tersulit dari seorang jurnalis.

Meski sempat canggung, akhirnya Lauren sukses mewawancarai Tang / Tse dan mendapat respon positif dari narasumbernya itu.

Baca Juga: Jadwal Indonesia Masters 2021 Hari Ini: 4 Wakil Merah Putih Buru Tiket Semifinal

"Karena saya juga pemain, mereka awalnya bingung saat saya datangi. Tapi mereka merespon dengan baik dan senang rasanya bisa melihat mereka bisa tersenyum dan menerima pertanyaan yang saya berikan. Ini pengalaman yang sungguh luar biasa," ungkapnya.

Komentar

terkini