Sport / balap
Syaiful Rachman
Pebalap tim Mercedes Lewis Hamilton menjalani sesi latihan bebas Grand Prix Abu Dhabi, Sirkuit Yas Marina, UEA. (11/12/2021). ANTARA/REUTERS/HAMAD I MOHAMMED.

Suara.com - Lewis Hamilton mencetak waktu tercepat di sesi latihan bebas ketiga, FP3, GP Abu Dhabi, mengalahkan rival utamanya dalam perebutan gelar musim ini, Max Verstappen, jelang kualifikasi pada Sabtu (11/12/2021).

Di sesi latihan yang digelar siang dengan kondisi panas itu sebagian besar pebalap menguji ban hard. Namun, duet Red Bull mencoba ban medium dan para pebalap Mercedes mengawali latihan dengan ban soft.

Di tengah sesi Hamilton mencetak waktu terbaiknya di akhir pekan ini dengan 1:23,274, atau 0,751 detik lebih cepat dari rekan satu timnya, Valtteri Bottas yang finis P3.

Duet pebalap Mercedes tak mampu memperbaiki catatan waktu mereka jelang akhir sesi di saat rival-rival mereka mencoba ban soft.

Baca Juga: Max Verstappen akan Lakukakan 'Apapun' Demi Raih Gelar Juara Dunia F1 2021

Dengan ban soft, Verstappen mampu memperbaiki catatannya dan finis P2 0,214 detik di belakang Hamilton.

Rekan satu tim Verstappen, Sergio Perez menegaskan ancaman Red Bull di P4, 0,02 detik di belakang Bottas. Lando Norris dari tim McLaren melengkapi peringkat lima besar, demikian laman resmi Formula 1.

Setelah merampungkan 21 balapan, Verstappen dan Hamilton menuju seri penutup di Yas Marina dengan koleksi poin sama untuk bertarung menentukan siapa yang menjadi raja musim ini.

Meraih hattrick lewat kemenangan di Grand Prix Arab Saudi yang kacau balau, Hamilton telah menutup defisit delapan poin dari sang pebalap Red Bull dan akan berusaha menjaga momentumnya untuk mengukir sejarah menjadi pebalap pertama yang meraih delapan gelar juara dunia.

Sedangkan Verstappen akan berupaya menghentikan dominasi pebalap Mercedes dalam tujuh tahun terakhir dan meraih titel pertama dalam kariernya.

Baca Juga: Ingin Segera Rampungkan Musim Balap F1 2021, Kimi Raikkonen Tak Sabar untuk Pensiun

Apabila kedua pebalap gagal meraih poin di Abu Dhabi sehingga tetap memiliki poin sama, maka Verstappen akan menjadi juara dunia karena ia memiliki sembilan kemenangan, lebih banyak dari delapan yang diraih Hamilton musim ini.

Atau apabila Hamilton finis P9 dan Verstappen finis P10 dengan satu poin bonus untuk lap tercepat, maka sang pebalap Belanda lah yang akan menjadi juara dunia untuk pertama kalinya.

P10 untuk Hamilton pada saat Verstappen finis di luar zona poin namun dengan lap terbaik maka sang pebalap Inggris akan menjadi juara dunia untuk kedelapan kalinya, karena poin lap tercepat hanya diberikan kepada pebalap yang finis sepuluh besar.

Pada pertengahan pekan ini, FIA telah mengeluarkan peringatan keras terhadap pebalap yang melakukan tindakan tidak sportif dalam seri penutup musim nanti, termasuk penalti pengurangan poin. [Antara]

Komentar