Sport / raket
Arief Apriadi
Richard Mainaky berfoto dengan para pebulu tangkis binaannya di PB Talenta. [Istimewa]

Suara.com - Tangan dingin Richard Mainaky usai memilih 'turun gunung' melatih talenta pebulu tangkis daerah Manado lewat PB Talenta langsung membuahkan hasil.

Beberapa anak latih Richard Mainaky di PB Talenta berhasil lolos untuk mewakili Sulawesi Utara (Sulut) di Seleksi Nasional (Seleknas) PBSI yang berlangsung pada 10-15 Januari 2022 di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur.

PB Talenta binaan Richard Mainaky tercatat meloloskan lima wakil ke Seleknas PBSI. Mereka adalah Colombus Nadeak / Jeremiah Memah (ganda putra dewasa), Thoro Nadeak (Tunggal putra taruna), Jenkinsen Exellent Theodorus / Morison Nadeak (ganda putra taruna).

Serta Jenkinsen Exellent Theodorus / Putri Tumundo (ganda campuran taruna), dan Putri Tumundo --berpasangan dengan atlet klub lain-- di sektor ganda putri taruna.

Baca Juga: Pemerintah Serahkan Rp10 Miliar Bonus Piala Thomas kepada PBSI

Atlet-atlet PB Talenta itu berhak mewakili Sulawesi Utara di Seleknas PBSI setelah menjadi kampiun di ajang Seleksi Provinsi pada 27-28 Desember 2021 lalu.

"Saya cukup senang, tapi masih perlu banyak gemblengan dan masih butuh waktu serta proses," kata Richard Mainaky kepada Suara.com, beberapa waktu lalu.

Mantan pelatih sektor ganda campuran PBSI, Richard Mainaky membina atlet-atlet muda di PB Talenta yang terletak di Manado, Sulawsi Utara. [Dok. Istimewa]

Richard tak mematok target tinggi untuk para atletnya di Seleknas PBSI. Dia cuma mendorong para pebulu tangkis binaannya untuk tampil sebaik mungkin.

"Saya berharap mereka bisa bermain maksimal, tidak takut lawan dari pulau jawa. Yang terpenting mereka harus berani mencoba dan uji kemampuan," tutur Richard.

Merujuk kiprahnya di PB Talenta belum berjalan lama, Richard enggan membahas kans atlet-atletnya lolos ke Seleknas PBSI. Dia lebih berharap tim pemantau bakat memberikan evaluasi kepada para atletnya.

Baca Juga: Saingi Senior di Ajang Bulutangkis Papan Atas, Resolusi Ganda Putra Muda Timnas di 2022

"Saya lebih berharap dapat penilaian per individual dari team pemamtau bakat," tutur Richard.

Komentar