Tekno / gadget
Dythia Novianty | Dicky Prastya
Ilustrasi. (Shutterstock)

Suara.com - BlackBerry mengumumkan bakal menonaktifkan sistem operasi BlackBerry (BBOS) mulai 4 Januari mendatang.

Adapun sistem operasi yang terdampak adalah BlackBerry 7.1 OS dan versi sebelumnya, BlackBerry 10, serta BlackBerry PlayBook OS 2.1 dan versi sebelumnya.

Dengan begitu, perangkat yang memakai sistem operasi ini tidak bisa menggunakan layanan utama seperti Wifi, data internet, panggilan telepon, SMS, hingga panggilan darurat 911.

"Mulai tanggal ini, perangkat yang menjalankan layanan dan perangkat lunak lama ini melalui operator atau koneksi Wifi tak lagi berfungsi dengan baik, termasuk untuk fungsi data, panggilan telepon, SMS, dan 9-1-1," tulis BlackBerry dalam situs resminya, dikutip Jumat (31/12/2021).

Baca Juga: Welcome Back! BlackBerry Siap Bawa Keyboard Fisik dan Internet 5G

Selain itu, BlackBerry juga mengumumkan kalau pengguna akan mengalami gangguan terkait Wifi dan aplikasi seperti BlackBerry World serta Desktop Manager.

Tablet BlackBerry PlayBook juga bakal dimatikan di tanggal yang sama.

BlackBerry PlayBook. [BlackBerry]

Pengumuman ini dinilai tidak terlalu mengejutkan. Sebab, BlackBerry sudah terlebih dulu menutup toko aplikasi dan layanan BlackBerry Messenger (BBM) sejak 2019 lalu, sebagaimana diwartakan Engadget.

Era BlackBerry pelan-pelan selesai ketika Apple dan Google mengumumkan layanan ponsel baru melalui iPhone dan Android.

Perusahaan memang berupaya mengatasi hal ini dengan melisensikan merek mereka, namun semua sia-sia karena sudah terlambat, seperti yang dikatakan Ubergizmo.

Baca Juga: Keyboard BlackBerry Hidup Kembali di Ponsel Android Ini

Komentar

terkini