Bisnis / keuangan
M Nurhadi
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (tengah) didampingi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kedua kanan) dan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Yudo Margono (kiri) berjalan saat tiba di Pangkalan Udara TNI AU Raden Sadjad, Ranai, Natuna, Kepualauan Riau, Rabu (5/2). [ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat]

Suara.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum lama ini merilis daftar pejabat terkaya di Indonesia yang dilaporkan melalui Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK. Laporan tersebut berdasarkan laporan akhir tahun 2020.

Dari deretan pejabat beken tersebut, ternyata ada sejumlah pejabat yang mencuri perhatian seperti Umzakirman yang merupakan PNS Kabag Kesra Sekda Pemkab Rokan Hulu, Riau dan Nurhali yang merupakan kepala sekolah di Tangerang.

Berikut 10 orang terkaya versi LHKPN

1. Dato Sri Tahir

Baca Juga: Gandeng Menperin, Erick Thohir Sebut IKM Bisa Ikut Tender Pengadaan Barang BUMN

Bos Mayapada Group Dato Sri Tahir di kompleks Bank Indonesia, Jakarta, Senin (15/10/2018). (Suara.com/Achmad Fauzi)

Dato Sri Tahir turut menjabat Dewan Pertimbangan Presiden. Pengusaha sekaligus pendiri Mayapada Group itu memiliki harta Rp15 triliun dengan utang Rp6,9 triliun. Sehingga, total kekayaan bersihnya adalah sekitar Rp8,7 triliun.

2. Sandiaga Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, menceritakan bagaimana pengalaman dirinya saat membentuk relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19. (Suara.com/Foto: Dok Kemenparekraf)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini memiliki kekayaan sekira Rp3 triliun dengan utang Rp181 miliar. Kekayaan Sandiaga turun drastis dalam setahun dari 2019.

3. Sakti Wahyu Trenggono

Menggantikan Edhy Prabowo sebagai menteri KKP, Sakti Wahyu memiliki kekayaan Rp2,4 triliun tanpa utang.

Baca Juga: Kasus Jual Beli Jabatan, KPK Menyelisik Peran Suami Bupati Probolinggo

4. Erick Thohir

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir - (SuaraJogja.id/Hiskia Andika)

Menteri BUMN yang juga pengusaha ini memiliki Sakti Wahyu Trenggono.

5. Prabowo Subianto

Prabowo Subianto

Politisi Gerindra yang kini menjabat Menteri Pertahanan itu memiliki total kekayaan Rp2 triliun dengan utang Rp8 miliar

6. Umzakirman

Diantara nama-nama beken terselip nama Umzakirman. Pria ini tidak lain adalah Kabag Kesra Sekda Pemkab Rokan Hulu, Riau.

Berdasarkan data LHKPN, Umzakirman memiliki kekayaan mencapai Rp1,8 triliun. Namun, Umzakirman membantah hal tersebut dan menduga terjadi kesalahan data.

7. Nurhali

Satu lagi pejabat PNS yang memiliki kekayaan fantastis. Ia adalah Nurhali, Kepala Sekolah SMK Negeri 5 Kota Tangerang yang memiliki harta kekayaan mencapai 1,6 triliun dengan utang Rp46 juta.

8. Muhamad Fajrin Rasyid

Salah satu pendiri Bukalapak yang kini menjabat Direktur Telkom itu memiliki kekayaan Rp1,5 triliun dan tidak punya utang.

9. Muhamad Mardiono

Politisi yang juga dewan pertimbangan presiden ini mempunyai harta kekayaan mencapai Rp1,2 triliun dan utang Rp49 juta.

10. Jan Hider Osland

Tidak banyak informasi terkait Jan Hider Osland. Berdasarkan penelusuran Suara, Wakil Camat Setiabudi, Jakarta Selatan ini mempunyai harta kekayaan sebesar Rp956 miliar dengan utang Rp100 juta.

Meski demikian, belakangan hal ini disebabkan salah input. Kekayaan Jan Hider Osland seharusnya Rp956 juta.

Komentar