Bisnis / keuangan
Agatha Vidya Nariswari
Ilustrasi iklan Shopee Barokah. [Tangkapan Layar YouTube Shopee]

Suara.com - Shopee Barokah menjadi solusi ketika godaan PayLater terus berdatangan. Pengaktifan fitur ini bisa menonaktifkan PayLater dan kartu kredit, serta memunculkan banyak postingan bernuansa islami.

Shopee Barokah diluncurkan pada akhir 2019 lalu. Shopee memunculkan fitur ini setelah menyadari besarnya pasar syariah di e-commerce.

Pada fitur Shopee Barokah ini, pengguna Shopee bisa dengan mudah mencari berbagai kebutuhan pakaian muslim, produk kecantikan bersertifikat halal, makanan halal dan buku-buku tentang Islam. 

Ada pula fitur zakat yang bekerja sama dengan beberapa lembaga terpercaya di Indonesia, seperti Baznas, Dompet Dhuafa hingga Rumah Zakat.

Baca Juga: Viral Cuitan Jangan Tergoda Paylater Jadi Trending Topic, Tuai Pro Kontra Warganet

Ketika kini sedang terjadi pro kontra tentang ajakan untuk menghindari sistem PayLater, Shopee Barokah bisa menjadi solusi. Terutama bagi yang tidak setuju dengan penggunaan sistem PayLater.

Pada fitur ini tidak tersedia adanya pembayaran menggunakan metode kartu kredit atau pun cicilan. Transaksi hanya menyediakan ShopeePay hingga transfer bank atau dengan kata lain "lunas".

Lalu, bagaimana cara mengaktifkan fitur Shopee Barokah? Berikut ini cara-caranya yang bisa dijalankan dengan mudah.

1. Letak

Fitur Shopee Barokah tersedia diantara kolom yang berada di bawah saldo ShopeePay. Fitur ini memiliki logo berwarna hijau dengan gambar bulan dan bintang. 

Baca Juga: Cara Menonaktifkan Shopee PayLater dan Risiko yang Harus Ditanggung, Pertimbangkan Baik-baik!

Ketika sudahh masuk fitur Shopee Barokah, maka akan tersedia produk-produk muslim yang keren. Diskon yang disediakan para penjualnya pun sangat menarik. 

2. Pembayaran Barokah

Selain melihat produk-produk yang ada di Shopee Barokah, cari banner dengan tulisan "aktifkan fitur pembayaran barokah". Lalu pencet banner dengan tulisan aktikan sekarang.

3. Muncul Penjelasan Pembayaran Barokah

Setelah meng-klik banner tersebut, akan muncul icon untuk mengaktifkan metode tersebut. Disitu tersedia penjelasan bahwa ketika metode ini dijalankan, maka sistem kartu kredit , cicilan, SPayLater, Kredivo dan Akulaku akan dihilangkan saat checkout.

4. Klik Tombol Pojok Kanan

Ketika sudah setuju dengan metode tersebut, maka pengakses tinggal mengeklik tombol tersebut. Ketika sudah aktif, maka sistem pembayaran Shopee Barokah sudah aktif.

Demikian penjelasan mengenai tata cara mengaktifkan Shopee Barokah. Fitur ini bisa menjadi solusi agar fokus mencari berbagai produk tentang muslim, tanpa tergoda produk-produk lain.

Kontributor : Lukman Hakim

Komentar

terkini