Syaiful Rachman
Selasa, 24 Desember 2019 | 17:11 WIB
Kolase foto pemain timnas Indonesia [Antara]

Suara.com - Prestasi gagal diukir timnas Indonesia senior dan timnas Indonesia U-22 di tahun 2019. Di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia putaran kedua, timnas Indonesia tampil buruk dengan menelan kekalahan di lima pertandingan.

Sementara di ajang SEA Games 2019, timnas Indonesia U-22 juga gagal memenuhi target medali emas. Tapi paling tidak, tim berjuluk Garuda Muda membawa pulang medali perak.

Meski perfoma timnas Indonesia belum memenuhi harapan, paling tidak ada lima nama pemain yang menjadi sorotan para pecinta sepak bola di Asia seperti dilansir Fox Sports.

Alberto Goncalves . ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/pras.

1. Alberto Goncalves - Madura United

Setelah resmi menjadi WNI di usia 37 tahun di 2018, Alberto 'Beto' Goncalves menjadi andalan lini depan tim nasional Indonesia di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022.

Di laga pembuka kualifikasi Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, pemain kelahiran Brasil mencetak dua gol ke gawang Malaysia serta membawa timnas Indonesia, ketika itu, unggul 2-1.

Namun di akhir pertandingan, Indonesia dipaksa menyerah dengan skor 2-3 oleh Malaysia.

Di level klub, performa Beto di Liga 1 2019 bersama Madura United sangat impresif. Beto tercatat sebagai pemain tersubur bagi Madura United dengan 18 gol di akhir musim. Namun Beto gagal meraih gelar sebagai top skor Liga 1 2019 setelah kalah 10 gol dari pemain Persija Jakarta Marko Simic.

Pemain timnas Indonesia Yanto Basna [Antara]

2. Yanto Basna - Sukhothai FC

Pemain bertahan Sukhothai FC Yanto Basna juga menjadi pemain Indonesia yang disorot. Basna tampil di empat dari lima pertandingan timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, di mana skuat Garuda kebobolan 16 kali.