Rully Fauzi
Senin, 13 Januari 2020 | 17:55 WIB
Ekspresi gelandang serang AS Roma, Nicolo Zaniolo usai ditandu keluar lapangan pasca mengalami cedera ACL, pada laga Liga Italia 2019/2020 kontra Juventus di Stadio Olimpico, Roma, Senin (13/1/2020) dini hari WIB. [Andreas SOLARO / AFP]

Suara.com - AS Roma memang benar-benar harus menelan pil pahit saat melakoni laga giornata ke-19 Liga Italia 2019/2020. Sudah kalah di kandang sendiri dari Juventus dengan skor 1-2, bintang muda AS Roma Nicolo Zaniolo juga mengalami cedera parah dan dikhawatirkan bakal absen panjang.

AS Roma tampil memble dengan banyak melakukan kesalahan-kesalahan elementer pada awal-awal laga yang dihelat di kandang mereka, Stadio Olimpico, Senin (13/1/2020) dini hari WIB tersebut.

Tak ayal, laga baru berjalan 10 menit, tuan rumah sudah ketinggalan 0-2 di mana gol-gol Juventus dicetak Merih Demiral dan Cristiano Ronaldo (penalti).

Di tengah amburadulnya pertahanan AS Roma serta seringnya kesalahan yang dibuat para penggawa Giallorossi --julukan AS Roma, termasuk para attacker, ada satu hal yang pantas membuat tifosi tim tuan rumah semringah di setengah jam awal laga.

Ya, itu adalah performa individual Zaniolo yang menawan, sebagaimana gelandang serang berusia 20 tahun itu konsisten menampilkan permainan apik yang mengundang decak kagum.

Kontrol bola serta dribbling yang ciamik, ditambah dengan kecepatan yang cukup mumpuni, Zaniolo kerap membuat barisan pertahanan Juventus yang dikomandoi Leonardo Bonucci kelabakan.

Sayang seribu sayang, pada menit ke-32, petaka mendatangi Zaniolo.

Melakukan drive hampir dari tengah lapangan menuju kotak 16 Juventus, pemain internasional Italia itu diganjal bek tim tamu Matthijs de Ligt, sedikit di luar kotak penalti.

Meski dalam tayangan ulang tak terlihat cukup fatal, namun efek benturan rupanya membuat Zaniolo amat kesakitan. Rupanya gelandang serang elegan itu mengalami cedera ACL yang cukup parah.

Zaniolo tak bisa melanjutkan laga, dan terus menutup wajahnya saat ditandu keluar lapangan. Rasa sakit yang teramat-sangat tergambar dari gestur sang bintang muda.

Dilansir laman resmi AS Roma, Senin (13/1/2020), pihak Giallorossi mengonfirmasi jika Zaniolo tak cuma mengalami cedera ACL, namun juga meniscus pada lutut yang sama.

Zaniolo sendiri langsung dibawa menggunakan ambulans ke sebuah klink khusus di kota Roma, untuk kemudian melakukan operasi lutut hari ini.

"Menyusul cedera yang dialami di pertandingan malam ini, Nicolo Zaniolo telah menjalani pemeriksaan medis yang kemudian dikonfirmasi putusnya ACL di lutut kanannya, selain ada kerusakan lain di bagian meniskus. Zaniolo akan segera dioperasi pada Senin," demikian pernyataan resmi kubu AS Roma.

Media-media ternama Italia sendiri menyebutkan bahwa Zaniolo akan absen cukup panjang. Diyakini minimal ia akan menepi untuk enam bulan ke depan!

Well, jika benar begitu, maka musim Zaniolo di kampanye 2019/2020 ini pun dipastikan berakhir.

Ini jelas merupakan pukulan telak buat AS Roma, sebagaimana Zaniolo sudah mengemas enam gol plus dua assist di semua kompetisi musim ini.

Tak cuma AS Roma, Timnas Italia yang akan berlaga di Piala Eropa 2020 juga tentu ketar-ketir dengan kondisi bintang muda andalan mereka.

Komentar