Syaiful Rachman
Jum'at, 07 Agustus 2020 | 18:40 WIB
Para pemain Manchester City merayakan gol Kevin De Bruyne ke gawang Real Madrid. (JAVIER SORIANO / AFP)

Suara.com - Mantan pelatih Real Madrid Fabio Capello memprediksi juara La Liga Spanyol itu tak dapat membalikkan ketertinggalan agregat 1-2 dari Manchester City menjelang pertemuan kedua tim dalam leg kedua babak 16 besar Liga Champions.

Skuat Josep Guardiola dijadwalkan menjamu Real Madrid yang dipimpin pelatih Zinedine Zidane di Stadion Etihad Sabtu (8/8/2020) dini hari pukul 02.00 WIB.

"Bisakah Real Madrid menang? Itu mungkin karena bagi Real Madrid memainkan pertandingan seperti ini adalah hal yang normal," kata Capello seperti dimuat Marca, Jumat (7/8/2020).

"Tekanan akan membantu Real Madrid. Mereka menyelesaikan musim La Liga dengan gemilang dan mereka memenangkan gelar. Namun, saya pikir mereka punya satu masalah penting. Tanpa Sergio Ramos, ketika Anda harus bertahan, itu akan sangat sulit," papar Capello.

Bek Real Madrid Sergio Ramos merayakan golnya ke gawang Getafe dari titik penalti dalam lanjutan Liga Spanyol di Alfredo di Stefano stadium. GABRIEL BOUYS / AFP

"Sergio Ramos adalah kapten, pemimpin di ruang ganti ... ia pemimpin di lapangan. Kepribadian pemain ini sangat penting bagi semua pemain," tambah mantan pelatih timnas Inggris berusia 74 tahun itu.

Capello juga menekankan pentingnya peran Zidane dalam tekanan seperti ini, mengingat pelatih asal Prancis tersebut sukses menjuarai Liga Champions tiga musim berturut-turut.

"Namun, pemimpin lain yang sangat penting adalah Zidane. Seseorang mengatakan kepada saya bahwa ketika ia berbicara, semua pemain tetap diam. Mereka mencoba memahami apa yang ingin dia katakan. Ini adalah hal yang sangat penting. Saya rasa Guardiola juga sama," kata Capello.

"Kepribadian pelatih adalah salah satu hal terpenting ketika Anda memimpin klub besar seperti Man City atau Real Madrid."

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane. [GABRIEL BOUYS / AFP]

Ketika ditanya klub mana yang akan mencapai perempat final, Capello sekali lagi menekankan absennya Ramos dapat memengaruhi jalannya pertandingan.

"Saya pikir dalam dua pertandingan terakhir yang mereka mainkan sebelum akhir musim, Manchester City berada dalam performa yang fantastis," kata dia.