Bola / bola-dunia
Rully Fauzi
Murat Yakin saat masih melatih FC Basel. [JOSE MANUEL RIBEIRO / AFP]

Suara.com - Murat Yakin resmi ditunjuk sebagai pelatih baru Timnas Swiss dengan target sukses lebih besar, melebihi prestasi menembus perempatfinal Euro 2020 yang mereka capai bulan lalu.

Yakin (46) meneruskan tugas Vladimir Petkovic yang mundur setelah tujuh tahun memimpin Timnas Swiss dan kini melatih klub Ligue 1 Prancis, Bordeaux.

Yakin yang pernah 49 kali membela Timnas Swiss sebagai bek, meninggalkan posisinya sebagai pelatih tim divisi dua Swiss, Schaffhausen.

"Murat Yakin pelatih baru Nati (julukan Timnas Swiss)," demikian pengumuman dari Asosiasi Sepakbola Swiss (SFA) di laman resmi mereka, Selasa (10/8/2021).

Baca Juga: Liverpool Tantang Norwich di Laga Pembuka Liga Inggris, Robertson Dipastikan Absen

"Selamat datang kembali, Murat!"

Yakin dikontrak sampai akhir kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar, dengan opsi perpanjangan satu tahun. Putaran final Piala Dunia sendiri akan dihelat di Qatar pada November 2022.

"Nati sudah menyangkut hati saya sebagai pemain. Adalah kehormatan besar dan kebahagiaan bagi saya bisa mewakili negara kita sebagai pelatih," kata Murat Yakin.

"Saya tidak ragu kami akan lolos ke Piala Dunia dengan tim hebat ini dan kami akan merayakan kesuksesan lebih besar lagi," sesumbar mantan pelatih klub elite Swiss, FC Basel itu.

Sementara sebelum kedatangan Murat Yakin, Vladimir Petkovic sendiri telah memimpin Timnas Swiss sejak 2014 silam.

Baca Juga: Donnarumma Indikasikan Transfer Lionel Messi ke PSG Hampir Tuntas

Eks pelatih Timnas Swiss, Vladimir Petkovic. [Kirill KUDRYAVTSEV / AFP]

Di bawah kepemimpinannya, Swiss membuat salah satu penampilan terbaiknya dalam turnamen besar dengan mencapai perempatfinal Euro 2020 lalu, di mana mereka akhirnya disingkirkan oleh Spanyol melalui adu penalti.

Komentar