Bola / bola-dunia
Rauhanda Riyantama
Gianluigi Donnarumma resmi gabung PSG. (Instagram/@psg)

Suara.com - Bursa transfer musim panas tahun ini menghadirkan ironi buat Serie A. Di satu sisi banyak klub-klub besar Eropa yang merekrut pemain dari kasta tertinggi Liga Italia ini.

Di lain sisi, hengkangnya sejumlah pemain bintang ini berpotensi membuat pamor Serie A turun karena kurangnya pemain bintang sebagai eksposur.

Belum lagi Serie A butuh waktu cukup lama untuk mengembalikan pamor mereka setelah kasis Calciopoli yang terjadi di pertengahan 2000an. Persaingan yang semakin ketat dan tim-tim yang bisa bersaing di kompetisi Eropa membuat pamor Serie A perlahan bangkit.

Ketika momentum itu hadir, Serie A harus menerima kenyataan banyak pemain bintang mereka yang hengkang dan terancam pergi. Siapa saja mereka?

Baca Juga: Zlatan Ibrahimovic Absen Perkuat AC Milan di Laga Perdana Serie A

1. Gianluigi Donnarumma

Penjaga gawang AC Milan Gianluigi Donnarumma [AFP]

Bukan hanya sebagai pemain muda potensial, Donnarumma merupakan produk asli AC Milan dan Italia. Dia sudah menjalani debut sejak usia belasan bersama Rossoneri.

Donnarumma juga jadi sosok penting yang mengantarkan Italia menjadi kampiun Euro 2020. Namun, kontraknya yang tak diperpanjang Milan membuat Donnarumma memutuskan pindah ke Paris Saint-Germain.

2. Achraf Hakimi

Wing-back Inter Milan, Achraf Hakimi (kiri) menguasai bola dan dibayangi bek AS Roma, Chris Smalling pada laga Liga Italia 2020/2021 di Stadio Olimpico, Roma, Minggu (10/1/2021) malam WIB. [Vincenzo PINTO / AFP]

Didatangkan dari Borussia Dortmund, Hakimi langsung jadi sosok vital di balik kesuksesan Inter Milan meraih Scudetto 2020/21. Dia mencetak 7 gol dan 11 assist dari 45 penampilan lintas ajang.

Baca Juga: Tak Bisa Lagi Main di Inter, Christian Eriksen Pulang ke Ajax?

Kondisi finansial Inter yang sedang terlilit hutang membuat Nerazzurri mau melepas Hakimi ke PSG dengan biaya mencapai 60 juta euro. Bahkan, bintang Inter lain macam Romelu Lukaku hingga Lautaro Martinez juga terancam pergi.

Komentar