Bola / bola-dunia
Syaiful Rachman
Kapten Portugal Cristiano Ronaldo (kiri) merayakan golnya dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup A zona Eropa pada 13 Oktober 2021. ANTARA/AFP/CARLOS COSTA.

Suara.com - Portugal meneruskan tren positifnya di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa usai menghajar Luksemburg dengan skor 5-0. Dalam kemenangan besar ini, Cristiano Ronaldo memecahkan lima rekor istimewa.

Portugal berhasil menempel ketat Serbia di grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa usai membantai Luksemburg dengan skor 5-0. Kemenangan ini membawa Selecao das Quinas hanya terpaut 2 poin dari Serbia di puncak klasemen.

Portugal mengalahkan Luksemburg dengan lima gol tanpa balas lewat gol yang dicetak tiga pemainnya yakni Cristiano Ronaldo, Bruno Fernandes dan Joao Palhinha.

Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi setelah mencetak hattrick untuk Portugal dalam kemenangan 5-0 atas Luksemburg pada pertandingan lanjutan Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di Estadio Do Algarve pada Rabu (13/10/2021) dini hari WIB. [AFP]

Cristiano Ronaldo berhasil mencetak Hattrick di laga ini. Tiga gol Ronaldo tersebut dicetak di menit ke-8, menit 13 lewat titik putih, serta satu gol lainnya di menit ke-87.

Baca Juga: Papua vs Aceh, Berikut Jadwal Final Sepak Bola PON Papua 2021

Sedangkan Bruno Fernandes dan Joao Palhinha mencatatkan namanya di papan skor di menit ke-17 dan menit ke-69 untuk melengkapi kemenangan Portugal.

Dalam laga ini, Hattrick Cristiano Ronaldo membawanya menorehkan beberapa rekor fantastis. Tercatat tri golnya itu membuatnya mengukir 5 rekor apik.

1. Pemain Pertama dengan 10 Hattrick di Laga Internasional

Berkat Hattrick-nya ke gawang Luksemburg, Cristiano Ronaldo berhasil mencetak total 10 Hattrick bersama Portugal di pentas internasional.

Total 10 Hattrick itu membuatnya menjadi pemain pertama di kategori sepak bola putra yang mencapai torehan itu. Adapun Hattrick perdana Ronaldo diciptakan 8 tahun silam yakni saat Portugal menang 4-2 atas Irlandia Utara.

Baca Juga: Portugal vs Luksemburg: Cristiano Ronaldo Hattrick, Selecao das Quinas Pesta Gol

2. Penyerang Tertajam di Level Internasional

Setelah memecahkan rekor 109 gol milik Ali Daei bersama Iran, Cristiano Ronaldo terus menambah jumlahnya serta mempertajam statusnya sebagai bomber tajam di level internasional.

Hattrick-nya ke gawang Luksemburg pun menambah pundi-pundi golnya bersama Portugal menjadi 115 gol dalam 182 penampilan.

3. Perbanyak Rekor Penampilan

Laga melawan Luksemburg membuat Cristiano Ronaldo telah tampil sebanyak 182 kali bersama Portugal atau menjadi yang terbanyak di Eropa mengalahkan Sergio Ramos dengan 180 penampilan.

Meski menjadi yang terbanyak di benua biru, Ronaldo belum mampu mengalahkan jumlah penampilan terbanyak di laga internasional yang masih dipegang 3 legenda, yakni Shon Chin Ann (Malaysia/196 caps), Bader Al-Mutawa (Kuwait/186 caps) dan Ahmed Ahsan (Mesir/184 caps).

4. Luksemburg Korban Cristiano Ronaldo

Hattrick Cristiano Ronaldo ke gawang Luksemburg menjadikan negara tersebut sebagai negara yang gawangnya paling sering dibobol pemain berjuluk CR7 itu.

Berkat Hattrick-nya, Cristiano Ronaldo telah mencatatkan 9 gol ke gawang Luksemburg. Sebelumnya, status negara yang sering dibobol CR7 adalah Lithuania dan Swedia dengan masing-masing 7 gol.

5. Ungguli Lionel Messi

Hattrick ke gawang Luksemburg membuat torehan Cristiano Ronaldo menjadi 115 gol di level internasional. Torehan ini mengungguli Lionel Messi yang hanya mencetak 80 gol bersama Argentina.

Dengan kata lain, Ronaldo telah membuktikan bahwa dirinya adalah pencetak gol ulung ketimbang La Pulga di level tim nasional. Butuh setidaknya 35 gol bagi Messi untuk menyamai torehan rivalnya itu.

[Penulis: Zulfikar Pamungkas]

Komentar