Bola / liga-spanyol
Syaiful Rachman
Xavi Hernandez diperkenalkan secara resmi sebagai pelatih baru Barcelona. Perkenalan tersebut digelar di Camp Nou, Senin (8/11/2021). [AFP]

Suara.com - Xavi Hernandez menyadari lemahnya lini belakang Barcelona dalam beberapa bulan terakhir dan prioritasnya saat ini adalah mengembalikan soliditas pertahanan.

Pada hari-hari pertamanya sebagai pelatih, Xavi menegaskan bahwa penampilan defensif seperti di markas Celta Vigo, ketika Barcelona kehilangan keunggulan tiga gol di babak pertama untuk bermain imbang 3-3, tidak dapat diterima selama ia menjabat sebagai orang nomor satu dalam tim.

Tim Catalan hanya berhasil menjaga satu clean sheet musim ini, yaitu ketika ditahan imbang tanpa gol oleh Cadiz pada 23 September.

Xavi Hernandez diperkenalkan secara resmi sebagai pelatih baru Barcelona. Perkenalan tersebut digelar di Camp Nou, Senin (8/11/2021). [AFP]

Barcelona telah kehilangan banyak poin pada musim 2021/22 karena ketidakmampuan mereka untuk bertahan dengan baik, dengan lawan mereka hanya membutuhkan beberapa tembakan per pertandingan untuk mencapai bagian belakang gawang.

Baca Juga: Waktu Terbatas, Mampukah Xavi Hernandez Dongkrak Performa Barcelona?

“Sulit bagi kami untuk mencetak gol dan lawan, dengan sedikit yang mereka lakukan, mereka mencetak gol melawan kami,” kata Jordi Alba setelah bermain imbang 1-1 dengan Alaves di Camp Nou, yang dikutip Marca, Senin (15/11/2021).

Ketika Ronald Koeman menganalisa tentang masalah Barcelona, dia jarang berbicara tentang aspek pertahanan dan kerap menyalahkan kurangnya sentuhan akhir.

Namun, data memperjelas bahwa sebagian besar penyakit Barcelona didasarkan pada pertahanan yang buruk.

Rencana Xavi

Pelatih baru Barcelona hampir tidak punya waktu untuk bekerja dengan seluruh tim karena jeda internasional, akan tetapi Xavi telah menegaskan jika dia ingin timnya mendominasi penguasaan bola.

Baca Juga: Selain Dani Alves, Berikut Kisah 3 Pemain Gaek yang Kembali Perkuat Klub Lamanya

Dengan menguasai bola, Barcelona akan berusaha menciptakan lebih banyak peluang dan juga mencegah lawan melancarkan serangan.

Xavi juga akan menilai kemungkinan memperkenalkan perubahan dalam pertahanan, di mana Gerard Pique dan Eric Garcia mengisi posisi bek tengah.

Clement Lenglet dan Samuel Umtiti bisa menjadi bagian dari rotasi, sementara Ronald Araujo bisa bersaing untuk mendapatkan tempat di "starting eleven" setelah kembali dari cedera.

Komentar