Bola / bola-indonesia
Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat konferensi pers virtual jelang bergulirnya Piala AFF 2020 (tangkapan layar zoom Piala AFF 2020)

Suara.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong tidak bisa menjamin timnya menjadi kampiun Piala AFF 2020. Meski begitu, ia akan menanamkan kepada anak asuhannya dalam setiap pertandingan sebagai calon juara.

Piala AFF akan mulai bergulir pada 5 Desember 2021 - 1 Januari 2020. Timnas Indonesia tergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos.

Skuad Garuda --julukan Timnas Indonesia-- baru akan memainkan laga pertamanya kontra Kamboja pada 9 Desember mendatang. Setelah itu bersua Laos tiga hari setelahnya.

Melawan Vietnam akan berlangsung pada 15 Desember. Kemudian, melawan Malaysia yang merupakan partai pamungkas Grup B bakal tersaji empat hari setelahnya.

Baca Juga: Kapan Egy Maulana Vikri Gabung Timnas di Piala AFF 2020? Ini Jawaban FK Senica

"Pastinya tidak bisa dipastikan (jadi juara), tetapi setiap pertandingan kita akan bekerja keras dengan berpikir kami itu sebagai calon juara," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers virtual, Sabtu (4/12/2021) siang WIB.

Lebih lanjut, juru formasi asal Korea Selatan itu menyebut Timnas Indonesia punya peluang besar meraih juara. Apalagi, jika Evan Dimas dan kawan-kawan kerja keras untuk mendapatkan hal tersebut.

"Memang penting juga untuk target juara tetapi setiap pertandingan kita bekerja keras pasti akan meningkatkan performa pertandingan. Jadi mungkin bisa mendapatkan juara juga," jelasnya.

Untuk Piala AFF, Shin Tae-yong memanggil 30 pemain termasuk yang merumput di Eropa seperti Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, dan Elkan Baggott. Namun, dilaporkan khusus Egy tidak bisa bermain dari babak penyisihan grup.

Klub Egy, FK Senica kemungkinan besar baru melepasnya ke Timnas Indonesia setelah 18 Desember 2021 atau saat Liga Slovakia memasuki masa libur musim dingin.

Baca Juga: Catat! Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Komentar