Bola / bola-dunia
Reky Kalumata
Pemain depan Borussia Dortmund Erling Braut Haaland merayakan golnya dengan skor 2-0 selama pertandingan sepak bola divisi satu Bundesliga Jerman Borussia Dortmund vs Greuther Fuerth di Dortmund, pada 15 Desember 2021. Ina Fassbender / AFP

Suara.com - Erling Braut Haaland memimpin Borussia Dortmund menghantam Greuther Fuerth 3-0 dalam laga pekan ke-16 Liga Jerman di Stadion Signal Iduna Park, Kamis (16/12/2021) dini hari WIB.

Bintang asal Norwegia itu memborong dua dari tiga gol kemenangan Dortmund, sementara satu gol lainnya dicetak oleh Donyell Malen.

Kemenangan ingin membuat Dortmund yang berada pada posisi kedua dengan koleksi 34 poin atau hanya terpaut enam poin di bawah Bayern Muenchen.

Sedangkan Fuerth yang menelan kekalahan ke-14 musim ini kian terpatri sebagai juru kunci klasemen dengan empat poin, demikian catatan laman resmi Liga Jerman seperti dimuat Antara.

Baca Juga: 5 Tim yang Seharusnya Tak Turun Kasta ke Liga Europa 2021-2022

Sejak sepak mula hingga bubaran, Dortmund nyaris tak memberi kesempatan Fuerth bernapas dan Thorgan Hazard sempat menjebol gawang tim tamu pada menit ke-22, sayang gol itu belakangan dianulir VAR karena offside.

Pada menit ke-33, Dortmund akhirnya membuka keunggulan melalui eksekusi penalti Haaland setelah Maximilian Bauer handball di dalam area terlarang.

Kapten Dortmund Marco Reus nyaris langsung menggandakan keunggulan timnya tiga menit kemudian, sayang sepakannya menyelesaikan umpan terobosan Julian Brandt bisa diamankan kiper Sascha Burschert.

Skor 1-0 bertahan hingga turun minum dan Dortmund terus mendominasi permainan hingga akhirnya memetik buahnya lagi pada menit ke-82 saat Haaland mencetak gol keduanya.

Berawal dari tendangan bebas karena pelanggaran Dickson Abiama terhadap Thomas Muenier, Brandt mengirimkan umpan silang yang disambut tandukan tajam Haaland ke pojok kanan bawah gawang Fuert untuk menggandakan keunggulan tuan rumah.

Baca Juga: Hasil Liga Jerman: Tren Buruk Wolfsburg Berlanjut Usai Ditaklukkan Cologne

Lantas satu menit menjelang bubaran waktu normal Malen melengkapi kemenangan Dortmund menjadi 3-0 dengan sontekan jarak dekatnya setelah memanfaatkan operan Brandt.

Komentar