Bola / liga-inggris
Rully Fauzi
Winger Chelsea, Christian Pulisic (kanan) merayakan golnya ke gawang West Ham United pada laga Liga Inggris di Stamford Bridge, London, Minggu (24/4/2022) malam WIB. [JUSTIN TALLIS / AFP]

Suara.com - Gol telat Christian Pulisic berhasil mengamankan kemenangan tiga poin untuk Chelsea atas West Ham United dengan skor 1-0 dalam Derby London pada pekan ke-34 Liga Inggris di Stamford Bridge, Minggu malam WIB.

Pulisic mencetak gol kemenangan untuk tim tuan rumah menjelang berakhirnya pertandingan.

Kemenangan ini mengukuhkan Chelsea di peringkat ketiga klasemen sementara, dengan 65 poin. Mereka unggul lima angka dari Arsenal di tempat keempat dan tertinggal 12 poin dari Liverpool pada posisi kedua.

Sementara itu, West Ham berada di tempat ketujuh dengan raihan 52 poin. Mereka tertinggal dua angka dari Manchester United di tempat keenam.

Chelsea memulai pertandingan dengan mengontrol penguasaan bola. Namun, West Ham bertahan dengan rapat dan mencegah tuan rumah mendekati kotak penalti.

Pada menit ke-8, Chelsea menciptakan peluang. N'Golo Kante mencoba melepaskan sepakan dari depan kotak penalti, tetapi masih melenceng dari gawang.

Kapet The Blues, Cesar Azpilicueta kehilangan bola di pertahanan sendiri dan West Ham menyerang lewat Said Benrahma. Namun, dia umpan silangnya ke kotak penalti diamankan oleh kiper Edouard Mendy.

West Ham mengancam pada menit ke-33. Umpan Pablo Fornals diterima Andriy Yarmolenko dan sepakannya ke pojok kanan bawah hanya melebar.

Chelsea punya situasi bagus pada menit ke-38, tetapi mereka terlalu lama menahan bola. Mason Mount menerima bola dari Kante di depan kotak penalti, alih-alih menembak, dia justru mengoper ke Ruben Loftus-Cheek.

Loftus-Cheek mencoba mengirim umpan silang, tetapi tidak ada yang menyambar dan diamankan kiper. Chelsea menekan West Ham di sisa waktu babak pertama, tetapi tidak ada gol yang tercipta.

Pada menit ke-52, Chelsea menciptakan peluang lewat tendangan Timo Werner. Loftus-Cheek memantulkan umpan silang dari Mount yang diselesaikan oleh penyerang Jerman tersebut, tetapi Craig Dawson menghalau bola.

Empat menit berselang, West Ham merespons. Yarmolenko merangsek dan menyontek bola ke Tomas Soucek, tetapi sepakannya terlalu lemah dan bisa diamankan bek veteran Thiago Silva.

Chelsea mengancam lagi, kali ini lewat upaya Kante. Tembakannya berbelok dan hampir mengecoh Fabianski, tetapi kiper West Ham itu masih bisa mengamankan gawangnya.

Dua menit berselang, Trevoh Chalobah mengancam gawang West Ham dan Fabianski meninju bola yang datang.

Pada menit ke-70, West Ham nyaris memimpin. Yarmolenko lolos di dalam kotak penalti dan mencoba menaklukkan Mendy dari sudut sempit, tetapi sepakannya masih bisa dihalau Mendy.

Bola rebound kemudian disambar pemain West Ham, yang kembali diselamatkan kiper timnas Senegal itu.

Chelsea mendapatkan penalti setelah Dawson menjatuhkan Romelu Lukaku. Wasit meninjau kejadian lewat Video Assistant Referee (VAR) dan memberikan Dawson kartu merah.

Jorginho maju sebagai eksekutor dan sepakannya mudah diamankan Fabianski. Chelsea menebus kegagalan penalti dengan gol pada menit ke-90, umpan silang Alonso dari kiri disambar Pulisic yang tidak terkawal di tengah kotak penalti. Skor menjadi 1-0.

Sepakan Mount dari luar kotak penalti cuma meluncur tipis di atas gawang. Laga tuntas dan skuat asuhan Thomas Tuchel berhasil mengantongi tiga poin

Susunan Pemain:

Chelsea (3-4-2-1): Edouard Mendy; Cesar Azpilicueta, Thiago Silva, Trevoh Chalobah; Ruben Loftus-Cheek (Hakim Ziyech 76'), N'Golo Kante, Jorginho, Marcos Alonso; Mason Mount; Timo Werner (Christian Pulisic 76'), Kai Havertz

West Ham (3-4-2-1): Lukasz Fabianski; Ben Johnson, Craig Dawson, Aaron Cresswell; Vladimir Coufal, Tomas Soucek, Mark Noble (Declan Rice 62'), Arthur Masuaku; Pablo Fornals, Andriy Yarmolenko (Jarrod Bowen 73'); Said Benrahma (Manuel Lanzini 78')

Komentar

terkini