Suara.com - Telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa sering mengonsumsi daging olahan bisa memicu berbagai masalah kesehatan. Begitu pula dengan minuman alkohol seperti bir.
Meskipun dalam kadar moderat minuman alkohol diketahui memiliki manfaat kesehatan, tetapi bila dikonsumsi secara berlebihan tentu saja buruk bagi kesehatan.
Itu pula yang ditemukan oleh World Cancer Research Fund (WCRF), baru-baru ini. Lembaga riset tersebut menemukan adanya risiko lebih besar terkena kanker perut pada orang-orang yang minum alkohol seperti bir sebanyak tiga gelas atau lebih dalam sehari.
Risiko kanker perut, masih kata WCRF, dialami pula pada orang yang sering menyantap daging olahan seperti bacon. Jadi, jenis makanan ini tak hanya bisa menyebabkan orang mengalami kegemukan alias obesitas.
Dalam laporan terbaru WCRF, para ilmuwan mengatakan bahwa minum alkohol sebanyak tiga kali setiap hari meningkatkan risiko kanker lebih berat pada tubuh peminumnya. Tak hanya itu, dalam studinya itu peneliti juga menemukan bukti kuat adanya peningkatan risiko kanker akibat makanan olahan seperti sayuran acar atau ikan kering yang populer di Asia.
Laporan terbaru WCRF juga menyebutkan bahwa daging olahan seperti ham, bacon, pastrami, daging asap, dan sosis bisa menyebabkan munculnya sepuluh jenis kanker pada tubuh manusia. (Mirror)
Berita Terkait
-
Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Kian Maju, Perlindungan terhadap HPV Jadi Fokus
-
Legenda Liverpool Kenny Dalglish Jalani Perawatan Kanker
-
Liverpool Berduka, Kenny Dalglish Berjuang Melawan Kanker di Usia 75 Tahun
-
Cintai Tubuhmu: Mengapa Kesehatan Mental Jauh Lebih Penting daripada Angka di Timbangan
-
Pelaku Penganiayaan di Jakbar Mengaku Lupa Kejadian karena Mabuk
Terpopuler
- Tak Terima Ditahan KPK, Titin Rita Lestari Bongkar Peran Atasan di Kasus Suap BPK Muara Enim
- Tak Ikut Aksi Bareng Mahasiswa di Bundaran HI Hari Ini, Said Iqbal Ungkap Alasan Buruh
- Mengapa Pertalite Mau Dihapus?
- Indonesia Sudah Capek! Mahasiswa UI Serukan Demo di Bundaran HI, Tuntut Prabowo Akui Kesalahan
- 5 Lipstik Rekomendasi Fuji yang Tahan Lama, Tidak Kering dan Anti Pecah-Pecah
Pilihan
-
Aliansi Rakyat Memanggil Kritik Sederet Program Pemerintah, Tuntut Prabowo-Gibran Lengser
-
Hasil Piala Dunia 2026: Hajar Paraguay, Start Sempurna Amerika Serikat
-
Neymar Dipastikan Absen di Piala Dunia 2026, Kesalahan Pertama Ancelotti
-
Thamrin Lumpuh Total, Massa Aksi Mengular hingga Dukuh Atas Hingga Jumat Malam
-
Ngotot Mau Demo di Bundaran HI Meski Dihadang Aparat, Mahasiswa: Istana dan DPR Tak Mendengar Kami!
Terkini
-
Kolesterol Tinggi Sering Tanpa Gejala, Dokter Ingatkan Pentingnya Deteksi Dini sejak Usia 20 Tahun
-
Dokter Bantah Mitos Obat Kolesterol dan Diabetes Rusak Ginjal, Ini Penjelasannya
-
Anak Sering Ruam atau Diare Setelah Minum Susu? Bisa Jadi Tanda Alergi Susu Sapi
-
Metoo Hadirkan Senyum di Tengah Mobilitas Jakarta lewat Aktivasi Interaktif di CSW
-
Dorong Pola Makan Seimbang, Konsumsi Buah dan Sayur Masih Jadi Tantangan di Indonesia
-
Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut
-
Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?
-
Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?
-
Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai
-
Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional