Suara.com - Konsumsi Apel dan Teh Hijau Bisa Kurangi Risiko Kanker dan Sakit Jantung?
Makanan kaya flavonoid, seperti apel dan teh hijau dapat mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung. Ini karena flavonoid adalah nutrisi yang ampuh kurangi peradangan dan berfungsi sebagai anti oksidan.
Mengutip laman Healthline, Sabtu (24/8/2019) orang yang mengonsumsi lebih banyak makanan mengandung flavonoid lebih kecil kemungkinannya meninggal karena kanker dan penyakit jantung dari pada mereka yang memakan lebih sedikit.
Efek flavonoid memang sangat bagus untuk orang yang sering mengonsumsi alkohol dan merokok. Seperti diungkap dalam penelitian dari Edith Cowan University di Australia.
Temuan berasal dari diet yang dianalisis dan dilakukan lebih dari 53.000 orang Denmark selama 23 tahun. Tujuan dari temuan ini untuk mendorong orang lebih banyak memakan sayur dan buah, khususnya mereka yang berisiko tinggi terserang jantung dan kanker.
Penelitian sebelumnya juga menyebut 7,8 juta orang di dunia mati pada usia dini karena rendahnya konsumi buah dan sayur. Kurang dari 800 gram total per hari.
"Hal terbaik yang dilakukan untuk sehat adalah tidak merokok dan minum alkohol," ujar Nicola Bondonno, PhD, Peneliyi Pascadkoktodal Universitas Edith Cowan selaku peneliti utama.
"Tapi perubahan gaya hidup semacam ini bisa jadi tantangan, sehingga mendorong konsumsi flavonoid bisa jadi cara baru untuk mengurangi risiko. Konsumsi apel dan teh hijau sekaligus juga mendorong orang untuk berhenti merokok dan minum alkohol," tutup Nicola.
Berita Terkait
Terpopuler
- Tak Terima Ditahan KPK, Titin Rita Lestari Bongkar Peran Atasan di Kasus Suap BPK Muara Enim
- Tak Ikut Aksi Bareng Mahasiswa di Bundaran HI Hari Ini, Said Iqbal Ungkap Alasan Buruh
- Indonesia Sudah Capek! Mahasiswa UI Serukan Demo di Bundaran HI, Tuntut Prabowo Akui Kesalahan
- 5 Lipstik Rekomendasi Fuji yang Tahan Lama, Tidak Kering dan Anti Pecah-Pecah
- PT Blueray Cargo Milik Siapa? Perusahaan Logistik yang Seret Raffi Ahmad dalam Kasus Suap Importasi
Pilihan
-
Aliansi Rakyat Memanggil Kritik Sederet Program Pemerintah, Tuntut Prabowo-Gibran Lengser
-
Hasil Piala Dunia 2026: Hajar Paraguay, Start Sempurna Amerika Serikat
-
Neymar Dipastikan Absen di Piala Dunia 2026, Kesalahan Pertama Ancelotti
-
Thamrin Lumpuh Total, Massa Aksi Mengular hingga Dukuh Atas Hingga Jumat Malam
-
Ngotot Mau Demo di Bundaran HI Meski Dihadang Aparat, Mahasiswa: Istana dan DPR Tak Mendengar Kami!
Terkini
-
Kolesterol Tinggi Sering Tanpa Gejala, Dokter Ingatkan Pentingnya Deteksi Dini sejak Usia 20 Tahun
-
Dokter Bantah Mitos Obat Kolesterol dan Diabetes Rusak Ginjal, Ini Penjelasannya
-
Anak Sering Ruam atau Diare Setelah Minum Susu? Bisa Jadi Tanda Alergi Susu Sapi
-
Metoo Hadirkan Senyum di Tengah Mobilitas Jakarta lewat Aktivasi Interaktif di CSW
-
Dorong Pola Makan Seimbang, Konsumsi Buah dan Sayur Masih Jadi Tantangan di Indonesia
-
Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut
-
Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?
-
Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?
-
Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai
-
Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional