Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Kamis, 26 Maret 2020 | 12:12 WIB
Ilustrasi perawat (Pexels/skeeze)

Suara.com - Semua petugas medis yang berada di garda terdepan untuk melawan virus corona Covid-19 pastinya lebih rentan terinfeksi. Kondisi ini tentu membuat mereka tertekan di tengah tugas kemanusiaannya.

Sejauh ini pun cukup banyak dokter dan perawat di seluruh dunia yang terinfeksi virus corona Covid-19 dari pasiennya. Banyak pula dokter yang meninggal dunia akibat virus corona Ciovid-19.

Salah satunya Daniela Trezzi, seorang perawat Italia 34 tahun yang terinfeksi virus corona Covid-19 dari pasiennya.

Menurut sebuah laporan yang dilansir dari New York Post, Daniela yang bekerja merawat pasien corona Covid-19 telah dinyatakan positif terinfeksi. Kondisi ini pun membuatnya takut jika sampai menginfeksi orang lain.

Daniela Trezzi pun mengalami stres berat karena kekhawatirannya bisa menyebarkan virus corona Covid-19 ketika masih merawat pasien di Rumah Sakit San Gerardo di Monza.

ilustrasi dokter dan perawat [shutterstock]

Karena positif virus corona Covid-19, Daniela yang bekerja di unit perawatan intensif pun menjalani kerantina dan berada dalam pengawasan petugas medis lain.

Tetapi, Daniela memilih untuk bunuh diri karena rasa cemasnya bisa menularkan virus ke orang lain. Federasi Perawat Nasional Italia juga berpendapat bahwa kematian Daniela akibat rasa sakit dan kecemasannya.

Menurut mereka, rasa kecemasan Daniela ini muncul ketika jumlah korban meninggal akibat virus corona Covid-19 di Italia melonjak sebanyak 743 orang pada Selasa (24/3/2020) lalu.

"Kami telah memilih profesi perawat ini untuk kebaikan, tetapi juga keburukan," ujar perwakilan Federasi Perawat Nasional Italia.

"Kondisi dan tekanan yang dialami oleh para profesional kami berada di bawah pengawasan semua orang," katanya.

Mereka juga mengatakan hal serupa juga pernah terjadi seminggu lalu di Venesia. Bahkan, penyebab kasus kematian itu juga sama seperti Daniela.

Manajer umum rumah sakit Mario Alparone sendiri mengatakan Daniel sudah berada di rumah sakit sejak 10 Maret 2020. Sayangnya, kala itu kondisi Daniela Trezzi tidak dalam pengawasan siapa pun.

Sebuah lembaga penelitian Italia mengungkapkan kini sekitar 5.760 perawat yang bekerja di rumah sakit telah terinfeksi virus corona Covid-19.

Catatan Redaksi:  Hidup seringkali sangat sulit dan membuat stres, tetapi kematian tidak pernah menjadi jawabannya. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit dan berkecenderungan bunuh diri, sila hubungi dokter kesehatan jiwa di Puskesmas atau Rumah sakit terdekat.

Bisa juga Anda menghubungi LSM Jangan Bunuh Diri melalui email janganbunuhdiri@yahoo.com dan telepon di 021 9696 9293. Ada pula nomor hotline Halo Kemkes di 1500-567 yang bisa dihubungi untuk mendapatkan informasi di bidang kesehatan, 24 jam.

Read more...