Health / konsultasi
Arendya Nariswari | Shevinna Putti Anggraeni
Ilustrasi sampo bayi (Pixabay/Monfocus)

Suara.com - Pakai masker, mencuci tangan secara teratur dan menjaga jarak adalah cara mencegah virus corona Covid-19. Tapi, 3 langkah umum itu dianggap tidak cukup dalam melindungi diri dari virus corona.

Para peneliti di Penn State College of Medicine mengklaim, obat kumur dan sampo bayi tertentu memiliki kemampuan membunuh virus corona Covid-19.

Pemimpin studi, Profesor Craig Meyers, mengatakan tim penelitinya masih menunggu vaksin yang dikembangkan. Produk yang sedang mereka uji pun sudah tersedia dan sering menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari.

Para peneliti pun menguji beberapa perlindungan sehari-hari, termasuk larutan sampo bayi 1 persen, pembersih mulut peroksida dan obat kumur.

Setiap produk dibiarkan berinteraksi dengan virus corona selama 30 detik, satu menit dan dua menit sebelum diencerkan. Hasil penelitian ini menunjukkan larutan sampo bayi 1 persen mampu membunuh lebih dari 99,9 persen virus setelah 2 menit.

Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)

Beberapa produk obat kumur juga telah terbukti menonaktifkan lebih dari 99,9 persen virus hanya dalam 30 detik. Profesor Meyers mengatakan orang yang positif virus corona dan kembali ke rumah untuk karantina kemungkinan masih bisa menularkan virus ke orang lain yang satu rumah.

"Profesi tertentu termasuk dokter gigi dan pekerja perawatan kesehatan lainnya selalu berisiko terpapar virus corona," kata Profesor Meyers dikutip dari Express.

Tapi, uji klinis masih diperlukan untuk menentukan apakah produk  bisa mengurangi jumlah pasien positif virus corona Covid-19 atau melindungi pekerja yang berisiko tinggi menularkan maupun tertular.

Bahkan solusi ini mungkin juga akan berdampak besar pada faktor lain, meskipun bisa mengurangi transmisi virus corona hingga 50 persen.

Meski temuan penelitian ini cukup menjanjikan, sampo bayi dan obat kumur sekarang tidak direkomendasikan NHS untuk melindungi virus corona Covid-19.

Badan kesehatan merekomendasikan setiap orang selalu menutup mulut dan hidung menggunakan tisu atau lengan baju (siku tangan) ketika bersin dan batuk. Lalu, jangan lupa mencuci tangan setelahnya agar tak menyebarkan virus ke orang lain.

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.