Suara.com - Pola makan menjadi hal esensial untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Dalam hal ini, beberapa minuman bisa membantu Anda meningkatkan kesehatan organ penting dan memperpanjang harapan hidup Anda.
Melansir dari Eat This, berikut beberapa minuman yang bisa meningkatkan harapan hidup menurut sains, antara lain:
1 Kopi
Menurut temuan analisis terbaru yang diterbitkan dalam jurnal American Heart Association Circulation: Heart Failure menunjukkan bahwa meminum secangkir kopi 8 ons seriap hari dikaitkan dengan penurunan risiko gagal jantung.
Studi lain juga mengungkapkan bahwa orang yang minum dua cangkir kopi setiap hari memiliki risiko gagal jantung 30 persen lebih rendah. Meskipun bermanfaat, Anda tetap harus menjaga konsumsi kopi tetap dalam takaran normal, yakni 1 sampai 2 cangkir.
2. Teh hijau
Beberapa penelitian selama dekade terakhir menunjukkan bahwa teh hijau dapat memberikan efek positif pada kesehatan jantung, terutama dengan mengurangi kadar LDL atau kolesterol jahat.
Saat LDL menumpuk di dinding arteri, maka dapat menyebabkan arteri tersumbat di mana dapat memicu stroke dan serangan jantung.
3. Matcha
Baca Juga: 5 Minuman Sehat Untuk Anak Selama di Rumah Aja
Teh matcha yaitu bubuk yang terbuat dari daun teh hijau yang digiling halus juga memberikan berbagai manfaat nagi kesehatan. Matcha dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit hati.
4. Air
Bagaimanapun air putih adalah jenis minuman paling sehat. Menurut Mayo Clinic, wanita harus minum sekitar 11,5 gelas air setiap hari sedangkan pria harus mengonsumsi 15,5 gelas setiap hari.
Minum cukup air setiap hari sangat penting untuk menjaga suhu tubuh normal, melumasi dan melindungi persendian, melindungi sumsum tulang belakang, memungkinkan tubuh Anda mengeluarkan limbah melalui urin, buang air besar, dan bahkan keringat.
Berita Terkait
Terpopuler
- Tak Terima Ditahan KPK, Titin Rita Lestari Bongkar Peran Atasan di Kasus Suap BPK Muara Enim
- Anaknya Terlibat di Program MBG, Wamenaker Afriansyah Noor Beri Penjelasan Usai Namanya Terseret
- Tak Ikut Aksi Bareng Mahasiswa di Bundaran HI Hari Ini, Said Iqbal Ungkap Alasan Buruh
- Indonesia Sudah Capek! Mahasiswa UI Serukan Demo di Bundaran HI, Tuntut Prabowo Akui Kesalahan
- Peluang Baru Terbuka, Kehidupan 4 Shio Ini Diprediksi Semakin Membaik Mulai 10 Juni 2026
Pilihan
-
Thamrin Lumpuh Total, Massa Aksi Mengular hingga Dukuh Atas Hingga Jumat Malam
-
Ngotot Mau Demo di Bundaran HI Meski Dihadang Aparat, Mahasiswa: Istana dan DPR Tak Mendengar Kami!
-
'Kalau Semua Diam, Siapa yang Akan Bicara?' Alasan Zaskia Adya Mecca Dukung Aksi Mahasiswa
-
Silakan Tabrak Kami! Polisi Tantang Massa Mahasiswa UI yang Nekat ke Bundaran HI
-
Mahasiswa Belum Muncul, Begini Kondisi Terkini Bundaran HI Jelang Aksi 12 Juni
Terkini
-
Anak Sering Ruam atau Diare Setelah Minum Susu? Bisa Jadi Tanda Alergi Susu Sapi
-
Metoo Hadirkan Senyum di Tengah Mobilitas Jakarta lewat Aktivasi Interaktif di CSW
-
Dorong Pola Makan Seimbang, Konsumsi Buah dan Sayur Masih Jadi Tantangan di Indonesia
-
Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut
-
Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?
-
Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?
-
Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai
-
Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional
-
Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Kian Maju, Perlindungan terhadap HPV Jadi Fokus
-
Mikroplastik Ada di Makanan, Minuman, hingga Udara: Seberapa Besar Risikonya bagi Kesehatan?