Suara.com - Viagra, yang juga sering kali disebut obat kuat, biasanya digunakan oleh pria untuk mengobati disfungsi ereksi atau impotensi. Namun obat kuat untuk seksual ini nyatanya juga bisa bermanfaat untuk kesehatan jantung pria.
Melansir dari Healthline, pria dengan penyakit arteri koroner stabil (CAD) yang mengonsumsi Viagra karena impotensi tampaknya memiliki risiko yang lebih rendah terkena serangan jantung. Hal ini dinyatakan dalam studi baru dari Karolinska Institutet di Swedia yang diterbitkan di Jurnal American College of Cardiology (ACC).
Penyakit arteri koroner mengacu pada penyumbatan yang berkembang di arteri yang memasok darah ke jantung. Saat arteri menyempit, lebih sedikit darah yang masuk ke bagian jantung dan pasien mungkin merasakan gejala terutama saat mengerahkan kekuatan.
"Tersumbatnya arteri koroner secara tiba-tiba menyebabkan kerusakan otot jantung adalah serangan jantung," kata Dr. Michael Goyfman, direktur kardiologi klinis di Long Island Jewish Forest Hills di New York, mengatakan kepada Healthline.
Menurut American Heart Association (AHA), impotensi juga disebut disfungsi ereksi (DE) bisa menjadi tanda peringatan dini penyakit jantung pada pria sehat.
Salah satu pilihan pengobatan adalah kelas obat yang disebut penghambat PDE5 (PDE5i), seperti Viagra (sildenafil) atau Cialis (tadalafil) yang diminum sebagai tablet. Obat ini bekerja dengan menghambat enzim phosphodiesterase (PDE5) untuk meningkatkan aliran darah.
Untuk penelitian ini, para peneliti membandingkan efek perawatan DE pada pria dengan penyakit arteri koroner stabil. Semua peserta pernah mengalami serangan jantung atau operasi bypass setidaknya 6 bulan sebelum memulai pengobatan untuk disfungsi ereksi.
Para peneliti mengamati 16.500 pria yang diobati dengan penghambat PDE5 dengan kurang dari 2.000 di antaranya menerima alprostadil.
Para peneliti menunjukkan bahwa pria yang menerima penghambat PDE5 memiliki risiko serangan jantung baru, gagal jantung, dan operasi bypass yang lebih rendah daripada pasien yang menerima alprostadil. Menurut penelitian, perlindungan ini bergantung pada dosis yang berarti bahwa dosis penghambat PDE5 yang lebih sering menghasilkan risiko yang lebih rendah.
Baca Juga: Makan Kedelai Fermentasi Turunkan Risiko Kematian Dini, Ini Sebabnya
Namun peneliti menekankan bahwa studi ini bersifat observasional dan hanya menemukan hubungan antara penghambat PDE5 (termasuk Viagra) dan penurunan mortalitas yang dibandingkan dengan pasien yang memakai alprostadil. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan.
Berita Terkait
Terpopuler
- Tak Terima Ditahan KPK, Titin Rita Lestari Bongkar Peran Atasan di Kasus Suap BPK Muara Enim
- Anaknya Terlibat di Program MBG, Wamenaker Afriansyah Noor Beri Penjelasan Usai Namanya Terseret
- Tak Ikut Aksi Bareng Mahasiswa di Bundaran HI Hari Ini, Said Iqbal Ungkap Alasan Buruh
- Indonesia Sudah Capek! Mahasiswa UI Serukan Demo di Bundaran HI, Tuntut Prabowo Akui Kesalahan
- Peluang Baru Terbuka, Kehidupan 4 Shio Ini Diprediksi Semakin Membaik Mulai 10 Juni 2026
Pilihan
-
Thamrin Lumpuh Total, Massa Aksi Mengular hingga Dukuh Atas Hingga Jumat Malam
-
Ngotot Mau Demo di Bundaran HI Meski Dihadang Aparat, Mahasiswa: Istana dan DPR Tak Mendengar Kami!
-
'Kalau Semua Diam, Siapa yang Akan Bicara?' Alasan Zaskia Adya Mecca Dukung Aksi Mahasiswa
-
Silakan Tabrak Kami! Polisi Tantang Massa Mahasiswa UI yang Nekat ke Bundaran HI
-
Mahasiswa Belum Muncul, Begini Kondisi Terkini Bundaran HI Jelang Aksi 12 Juni
Terkini
-
Anak Sering Ruam atau Diare Setelah Minum Susu? Bisa Jadi Tanda Alergi Susu Sapi
-
Metoo Hadirkan Senyum di Tengah Mobilitas Jakarta lewat Aktivasi Interaktif di CSW
-
Dorong Pola Makan Seimbang, Konsumsi Buah dan Sayur Masih Jadi Tantangan di Indonesia
-
Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut
-
Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?
-
Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?
-
Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai
-
Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional
-
Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Kian Maju, Perlindungan terhadap HPV Jadi Fokus
-
Mikroplastik Ada di Makanan, Minuman, hingga Udara: Seberapa Besar Risikonya bagi Kesehatan?