Suara.com - Makan sayur pada umumnya menyehatkan dan cocok untuk pendamping daging. Umumnya, sayuran biasanya disajikan sebelum Anda makan daging daging. Namun Anda juga bisa makan sayur usai makan daging karena sama-sama menyehatkan.
Melansir dari Live Strong, makan sayur sebelum makan daging dapat membantu mengurangi asupan energi total Anda selama makan daging. Ini dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan manajemen berat badan yang sehat.
Menurut Michelle Cardel, PhD, RDA, makan sayuran sebelum makan dapat mengurangi asupan kalori Anda selama makan dan sepanjang hari. Makan sayur terlebih dahulu juga dapat membantu meningkatkan konsumsi sayuran sebesar 23 persen.
Sementara makan sayuran usai mengkonsumsi daging kaya protein juga dapat memberikan manfaat untuk manajemen berat badan yang sehat. Protein meningkatkan rasa kenyang dan membantu meningkatkan pengeluaran energi tubuh Anda.
Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2010 dalam The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi protein sebelum makan sayur mengurangi asupan makanan secara keseluruhan.
Jika Anda memilih daging tanpa lemak dan salad sayuran yang sehat dan makan dengan porsi yang sama setiap kali makan, tidak masalah apakah Anda memakan sayur atau daging terlebih dahulu.
Studi yang diterbitkan pada tahun 2012 di Appetite melaporkan bahwa makan salad sebelum makan tidak secara drastis mempengaruhi asupan energi, dan jumlah salad yang dimakan mungkin lebih penting daripada saat Anda memakannya untuk kontrol kalori yang efektif.
Hal yang perlu Anda pastikan adalah untuk memilih daging tanpa lemak dan sertakan banyak sayuran dalam rencana makan harian Anda. Itu karena serat yang ditemukan dalam salad dan sayuran lain sama pentingnya dengan protein dalam daging Anda.
Baca Juga: 3 Cara Memasak Daging Paling Sehat, Salah Satunya dengan Presto
Berita Terkait
Terpopuler
- Tak Terima Ditahan KPK, Titin Rita Lestari Bongkar Peran Atasan di Kasus Suap BPK Muara Enim
- Anaknya Terlibat di Program MBG, Wamenaker Afriansyah Noor Beri Penjelasan Usai Namanya Terseret
- Tak Ikut Aksi Bareng Mahasiswa di Bundaran HI Hari Ini, Said Iqbal Ungkap Alasan Buruh
- Indonesia Sudah Capek! Mahasiswa UI Serukan Demo di Bundaran HI, Tuntut Prabowo Akui Kesalahan
- Peluang Baru Terbuka, Kehidupan 4 Shio Ini Diprediksi Semakin Membaik Mulai 10 Juni 2026
Pilihan
-
Thamrin Lumpuh Total, Massa Aksi Mengular hingga Dukuh Atas Hingga Jumat Malam
-
Ngotot Mau Demo di Bundaran HI Meski Dihadang Aparat, Mahasiswa: Istana dan DPR Tak Mendengar Kami!
-
'Kalau Semua Diam, Siapa yang Akan Bicara?' Alasan Zaskia Adya Mecca Dukung Aksi Mahasiswa
-
Silakan Tabrak Kami! Polisi Tantang Massa Mahasiswa UI yang Nekat ke Bundaran HI
-
Mahasiswa Belum Muncul, Begini Kondisi Terkini Bundaran HI Jelang Aksi 12 Juni
Terkini
-
Anak Sering Ruam atau Diare Setelah Minum Susu? Bisa Jadi Tanda Alergi Susu Sapi
-
Metoo Hadirkan Senyum di Tengah Mobilitas Jakarta lewat Aktivasi Interaktif di CSW
-
Dorong Pola Makan Seimbang, Konsumsi Buah dan Sayur Masih Jadi Tantangan di Indonesia
-
Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut
-
Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?
-
Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?
-
Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai
-
Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional
-
Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Kian Maju, Perlindungan terhadap HPV Jadi Fokus
-
Mikroplastik Ada di Makanan, Minuman, hingga Udara: Seberapa Besar Risikonya bagi Kesehatan?