Health / men
Arendya Nariswari | Shevinna Putti Anggraeni
Buang air kecil, kanker prostat (shutterstock)

Suara.com - Kebanyakan kasus kanker prostat tumbuh terlalu lambat, sehingga menyebabkan masalah kesehatan dan mempengaruhi peluang pasien bertahan hidup.

Karena itu, banyak pria dengan kanker prostat tidak membutuhkan perawatan apapun. Tapi, beberapa kanker prostat tumbuh dengan cepat dan lebih mungkin menyebar ke bagian tubuh lain.

Prostate Cancer UK menjelaskan bahwa prostat adalah kelenjar yang biasanya berukuran dan berbentuk buah kenari dan tumbuh semakin besar seiring bertambahnya usia.

"Prostat berasa di bawah kandung kemih dan mengelilingi uretra, yang merupakan tabung yang membawa urine keluar dari tubuh. Tugas utama prostat adalah membantu membuat air mani, cairan yang membawa sperma," kata Prostate Cancer UK dikutip dari Express.

Baca Juga: Omicron Masuk Jatim, Gubernur Khofifah Upayakan Penularan Tidak Meluas

Badan kesehatan itu mengatakan sekitar 1 dari 8 pria akan terkena kanker prostat dalam hidup mereka.

Kanker prostat (pexels).

Kanker prostat biasanya menyerang pria di atas usia 50 tahun dan risikonya akan meningkat seiring bertambahnya usia. Bahkan, risikonya akan lebih tinggi pada pria kulit hitam dan memiliki riwayat kanker prostat.

Kanker Prostat Inggris mengatakan bahwa beberapa pria mungkin memiliki beberapa masalah kencing.

Jika masalah kencing cukup ringan dan terjadi selama bertahun-tahun, itu mungkin merupakan tanda masalah prostat jinak, bukan kanker prostat.

NHS mengatakan kanker prostat biasanya tidak menimbulkan gejala apapun sampai kanker telah tumbuh cukup besar untuk memberi tekanan pada tabung yang membawa urine dari kandung kemih dan keluar melalui penis.

Baca Juga: Delmicron vs Varian Omicron, Lakukan Tindakan Pencegahan Ini!

Berikut ini, tanda-tanda kanker prostat ketika buang air kecil.

  1. Kebutuhkan buang air kecil yang lebih sering, terutama di malam hari
  2. Kesulitan buang air kecil
  3. Kesulitan mengejan
  4. Butuh waktu lama untuk buang air kecil
  5. Kandung kemih yang terasa tidak kosong meski sudah buang air kecil
  6. Darah dalam urine
  7. Darah dalam air mani

"Sangat tidak biasa memiliki gejala yang berkaitan dengan buang air kecil. Kondisi ini jauh lebih mungkin disebabkan oleh kelenjar prostat Anda yang membesar seiring bertambahnya usia," kata Cancer Research UK.

Anda mungkin juga perlu menjalani tes darah yang disebut tes PSA sebagai bagian dari penyelidikan penyebab gejala kencing. Tes darah ini juga salah satu yang digunakan dokter untuk mendiagnosis kanker prostat.

"Tanda-tanda bahwa kanker mungkin telah menyebar termasuk nyeri tulang dan punggung, kehilangan nafsu makan, nyeri pada testis dan penurunan berat badan yang tidak disengaja," kata NHS.

Komentar

terkini