Health / women
Cesar Uji Tawakal | Rosiana Chozanah
Cameron Newsom (facebook)

Suara.com - Cameron Newsom (42) memiliki kondisi langka, yakni lidah yang bisa tumbuh rambut. Kondisi ini terjadi setelah sebagian lidahnya diganti dengan jaringan kaki.

Ketika usianya 33 tahun, Cameron asal Colorado Springs, Colorado, didiagnosis menderita kanker kulit di lidah yang disebut karsinoma sel skuamosa.

Tanda yang dialaminya adalah munculnya bintik-bintik di lidahnya. Namun, memerlukan beberapa kali pemeriksaan untuk mendiagnosis kanker tersebut, lapor Daily Star.

"Pada saat aku didiagnosis, aku kehilangan lebih dari 3,2 kilogram karena aku tidak bisa makan atau minum. Butuh waktu tiga tahun untuk akhirnya dokter mendiagnosisku," kata Cameron.

Baca Juga: Studi: Rutin Terpapar Asap Rokok Lebih Berisiko Kena Kanker Mulut

Setelah bertahun-tahun berjuang melawan rasa sakit dan hampir tidak bisa makan dengan kemoterapi, dokter harus mengangkat tumor di lidahnya.

Lidah Cameron Newsom (TikTok)

Lalu, dokter mencangkokkan sedikit jaringan paha ke lidahnya.

"Dokter biasanya mengambil kulit dari lengan bawah, tetapi tinnggiku sekitar 155 sentimeter, jadi aku tidak punya cukup kulit di bawah lengan untuk menggantikan yang di lidah," sambungnya.

Selama berminggu-minggu kemudian mulut Cameron bengkak hingga tidak bisa menelan atau bernapas tanpa alat bantu.

Paha Cameron Newsom (TikTok)

"Aku harus diawasi terus-menerus dan setiap kali tenggorokanku mengalami penumpukan darah dan cairan tubuh, harus dibilas dengan air," lanjutnya.

Baca Juga: Tanda Kanker Mulut, Waspadai Masalah Kesulitan Menelan Makanan!

Namun, menurutnya, bagian paling aneh adalah tumbuhnya rambut di lidah.

"Aku merasakan tekstur kasar di kulit paha yang menggantikan lidahku. Ketika aku bercermin, buku kaki mulai tumbuh!" imbuhnya.

Meski begitu, ia tetap bersyukur dan sedang belajar menggunakan lidah barunya secara benar, walau rasanya berbeda saat berbicara atau makan.

Komentar

terkini