Health / konsultasi
M. Reza Sulaiman
Ilustrasi dokter. (Shuttterstock)

Suara.com - Pengakuan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin tentang ratusan puskesmas di Indonesia yang tidak memiliki dokter menjadi berita terpopuler kesehatan paling banyak dibaca hari ini, Jumat (29/4/2022).

Ada juga kisah Rina Nose yang sempat mengidap OCD hingga diet untuk mengatasi disfungsi ereksi.

Simak rangkuman berita kesehatan menarik lainnya dari Suara.com, berikut ini.

1. Miris! Menkes Budi Gunadi Sebut Ada Ratusan Puskesmas di Indonesia Yang Tak Miliki Dokter

Baca Juga: Selama Lebaran Layanan UGD Puskesmas di Batam Tetap Buka, Didi Kusmarjadi: Sakit Biasa Tetap Dilayani

Petugas menunggu pemberangkatan bus sekolah yang dioperasikan Dinas Perhubungan DKI Jakarta yang mengangkut pasien terkonfirmasi COVID-19 di Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta, Jumat (11/6/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Masalah pemerataan dokter dan tenaga kesehatan menjadi pekerjaan rumah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadkin. Ia mengakui bahwa saat ini, ada ratusan puskesmas di Indonesia yang belum memiliki dokter.

Padahal kata Menkes Budi, idealnya seluruh puskesmas di Indonesia yang berjumlah 10.373 harus memiliki dokter yang berjaga, termasuk dokter spesialis.

Baca selengkapnya

2. Rina Nose Curhat Idap OCD Hingga Pernah Lempar Barang, Apa Sih Sebabnya?

Rina Nose [Yuliani/Suara.com]

Baru-baru ini Rina Nose mengungkapkan bahwa dirinya mengidap Obsessive compulsive disorder (OCD) yang menganggu aktivitasnya sehari-hari. Hal itu ia ungkapkan saat jadi bintang YouTube Denny Sumargo.

Baca Juga: Dokter yang Gabung PDSI, Bisakah Dapat Izin Praktik di RS dan Klinik?

Rina sempat kesulitan mengontrol diri saat tak tahu bahwa yang ia alami adalah gangguan mental.

Baca selengkapnya

3. Imunisasi Terhambat, Wabah Campak di Afrika Naik 400 Persen Hanya Dalam Tiga Bulan

Kondisi pandemi Covid-19 masih menimbulkan masalah baru terkait penyakit lain, khususnya di Afrika. Organisasi Kesehatan Dunia WHO mencatat, benua itu mulai mengalami lonjakan wabah penyakit campak.

Kasus campak di Afrika telah lebih dari 17.000 kasus. Naik 400 persen hanya selama Januari hingga Maret 2022, dibanding periode yang sama tahun lalu, kata pakar WHO di Afrika Dr Benido Impouma, dalam jumpa pers.

Baca selengkapnya

4. Heboh Deklarasi PDSI, PDPI: Tetap Solid dan Tidak Terpecah Belah

PDSI resmi mendeklarasikan diri sebagai salah satu organisasi profesi kedokteran yang diakui Kemenkumham. (Suara.com/Stefanus Aranditio)

Menyusul deklarasi Perhimpunan Dokter Seluruh Indonesia, sejumlah organisasi profesi kedokteran mengaku akan tetap solid id bawah naungan Ikatan Dokter Indonesia.

Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr Erlina Burhan, SpP(K) menegaskan semua organisasi profesi kedokteran yang berada di bawah naungan Ikatan Dokter Indonesia tetap solid berada di bawah payung IDI.

Sementara itu, Ketua Umum Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Agus Dwi Susanto menyatakan, PDPI sebagai organisasi Spesialis Paru (Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi) adalah organisasi Perhimpunan Dokter Spesialis (PDSP) yang bernaung di bawah IDI.

Baca selengkapnya

5. Bisa Membahayakan Janin, Inilah Tanda-Tanda Ibu Hamil Kurang Kalsium

Ilustrasi ibu hamil (Foto oleh Leah Kelley dari Pexels)

Ada beberapa nutrisi penting yang harus dipenuhi oleh ibu hamil untuk mendukung kehamilan yang sehat. Salah satunya adalah kalsium.

Melansir dari Parents, kebutuhan kalsium pada ibu hamil meningkat pada trimester ketiga, ketika kerangka janin berkembang pesat. Saat itu, janin akan mengambil zat penting dari tulang ibunya, demikian dikatakan Murray Favus, MD, profesor kedokteran di University of Chicago.

Baca selengkapnya

Komentar

terkini