Suara.com - Penelitian yang diterbit dalam jurnal 'BMJ Open Diabetes Research & Care' menemukan bahwa meminum whey protein dalam jumlah kecil sebelum makan dapat mengendalikan gula darah penderita diabetes tipe 2.
Dalam penelitian ini, penderita diabetes tipe 2 meminum whey protein dosis rendah. Mereka dipantau oleh peneliti dari Universitas Newcastle, Inggris, selama seminggu.
Whey protein merupakan protein yang terdapat di dalam whey, atau sisa susu dari produksi keju. Jenis protein ini tersedia dalam bentuk suplemen bubuk, seperti protein shake.
Sebagai perbandingan, peserta studi lain juga menghabiskan waktu seminggu meminum minuman yang tidak mengandung whey protein.
Hasil dari pemantauan menunjukkan bahwa kadar glukosa lebih terkontrol saat meminum whey protein sebelum makan.
Rata-rata, mereka memiliki dua jam ekstra per hari dengan kadar gula darah normal dibandingkan kelompok peserta yang tidak meminum protein.
Selain itu, dilansir Hindustan Times, kadar glukosa darah harian mereka 0,6 mmol/L lebih rendah ketika meminum whey protein.
"Meski penelitian sebelumnya di laboratorium menunjukkan potensi intervensi diet ini, studi ini adalah pertama kalinya orang-orang dipantau saat mereka menjalani kehidupan normal," kata peneliti utama, Daniel West.
West percaya bahwa whey protein bekerja dalam dua cara, yakni memperlambat seberapa cepat makanan melewati sistem pencernaan dan merangsang sejumlah hormon penting yang mencegah gula darah naik lebih tinggi.
Peneliti bermasuk untuk mengeksplorasi lebih lanjut manfaat dari intervesi non medis ini dengan menjalankan penelitian dalam skala lebih besar dan jangka waktu lebih lama, hingga enam bulan.
Berita Terkait
Terpopuler
- Tak Terima Ditahan KPK, Titin Rita Lestari Bongkar Peran Atasan di Kasus Suap BPK Muara Enim
- Tak Ikut Aksi Bareng Mahasiswa di Bundaran HI Hari Ini, Said Iqbal Ungkap Alasan Buruh
- Indonesia Sudah Capek! Mahasiswa UI Serukan Demo di Bundaran HI, Tuntut Prabowo Akui Kesalahan
- 5 Lipstik Rekomendasi Fuji yang Tahan Lama, Tidak Kering dan Anti Pecah-Pecah
- PT Blueray Cargo Milik Siapa? Perusahaan Logistik yang Seret Raffi Ahmad dalam Kasus Suap Importasi
Pilihan
-
Aliansi Rakyat Memanggil Kritik Sederet Program Pemerintah, Tuntut Prabowo-Gibran Lengser
-
Hasil Piala Dunia 2026: Hajar Paraguay, Start Sempurna Amerika Serikat
-
Neymar Dipastikan Absen di Piala Dunia 2026, Kesalahan Pertama Ancelotti
-
Thamrin Lumpuh Total, Massa Aksi Mengular hingga Dukuh Atas Hingga Jumat Malam
-
Ngotot Mau Demo di Bundaran HI Meski Dihadang Aparat, Mahasiswa: Istana dan DPR Tak Mendengar Kami!
Terkini
-
Dokter Bantah Mitos Obat Kolesterol dan Diabetes Rusak Ginjal, Ini Penjelasannya
-
Anak Sering Ruam atau Diare Setelah Minum Susu? Bisa Jadi Tanda Alergi Susu Sapi
-
Metoo Hadirkan Senyum di Tengah Mobilitas Jakarta lewat Aktivasi Interaktif di CSW
-
Dorong Pola Makan Seimbang, Konsumsi Buah dan Sayur Masih Jadi Tantangan di Indonesia
-
Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut
-
Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?
-
Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?
-
Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai
-
Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional
-
Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Kian Maju, Perlindungan terhadap HPV Jadi Fokus