Suara.com - Sejumlah minuman diketahui memiliki manfaat dalam menurunkan kadar gula darah, sehingga dapat membantu menjaga tubuh tetap sehat dan menjauhkan risiko diabetes.
Konsumsi rutin minuman ini dipercaya dapat mendukung gaya hidup sehat sekaligus menghindarkan komplikasi kesehatan akibat gula darah tinggi.
Dikutip dari Health dan EatingWell, gula darah tinggi yang berkepanjangan, atau hiperglikemia, dapat menimbulkan gejala seperti sakit kepala, kelelahan, hingga penglihatan kabur.
Salah satu cara sederhana untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi minuman yang bersifat ramah bagi penderita diabetes.
Berikut beberapa jenis minuman yang terbukti efektif dalam membantu menurunkan kadar gula darah.
1. Air Putih
Air putih adalah pilihan utama untuk menjaga tubuh tetap sehat dan terhidrasi. Minum cukup air setiap hari membantu melumasi sendi, mendukung fungsi tubuh, dan menurunkan kadar gula darah. Sebuah tinjauan pada 2021 yang diterbitkan dalam Diabetes & Metabolic Syndrome: Clinical Research & Reviews menemukan bahwa konsumsi air putih secara teratur dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 6 persen.
2. Teh Hitam
Teh hitam kaya akan senyawa yang dapat meningkatkan resistensi insulin dan mengurangi stres oksidatif. Menurut jurnal Antioxidants tahun 2019, teh hitam juga memiliki potensi untuk membantu mengelola diabetes berkat kandungan antioksidannya.
3. Susu Sapi
Protein dalam susu sapi dapat membantu mengontrol lonjakan glukosa darah setelah makan. Penelitian dari Diabetes/Metabolism Research and Reviews menunjukkan bahwa susu rendah lemak atau tanpa lemak lebih disarankan oleh American Diabetes Association (ADA) untuk menjaga kadar gula tetap terkendali.
4. Jus Tomat
Jus tomat kaya akan likopen, senyawa organik yang meningkatkan aktivitas antioksidan dan membantu menurunkan kadar gula darah. Antioksidan ini juga mendukung pencegahan komplikasi akibat diabetes dan resistensi insulin.
5. Kopi Hitam
Kopi hitam tanpa gula memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Penelitian dalam jurnal Nutrients tahun 2019 mengungkap bahwa senyawa fitokimia dalam kopi dapat mendukung fungsi hati dan pankreas, menjaga kadar insulin, serta menurunkan risiko diabetes tipe 2.
Berita Terkait
-
Bukan Cuma Pelepas Dahaga: 4 Alasan Ajaib Kenapa Minum Air Putih Itu Penting Banget
-
Jangan Berlebihan, Ini Takaran Minum Air Putih sesuai Umur demi Ginjal Sehat
-
7 Minuman Alami Berkhasiat Bantu Detoks Ginjal: Antiribet, Yuk Coba di Rumah!
-
8 Rutinitas Pagi yang Terbukti Secara Riset Bisa Meningkatkan Kesuksesan Hidup, Sudah Kamu Coba?
-
Tak Cuma Gula, Nasi dan Tepung Juga Biang Keladi Diabetes? Ini Penjelasan Dokter
Terpopuler
- Jaksa Skakmat Nadiem: Mau Putus Konflik Kepentingan, Kok Saham Gojek Tak Dijual?
- Anaknya Terlibat di Program MBG, Wamenaker Afriansyah Noor Beri Penjelasan Usai Namanya Terseret
- Resmi! Chatib Basri Dapat Jabatan Baru Hari Ini
- Tak Terima Ditahan KPK, Titin Rita Lestari Bongkar Peran Atasan di Kasus Suap BPK Muara Enim
- Indonesia Sudah Capek! Mahasiswa UI Serukan Demo di Bundaran HI, Tuntut Prabowo Akui Kesalahan
Pilihan
-
Prediksi Meksiko vs Afrika Selatan: Head to Head, Susunan Pemain dan Fakta Menarik
-
Rekor Gila ARMY Indonesia! Belum Genap Sejam, Ratusan Ribu Tiket Konser OT7 BTS Ludes Tanpa Sisa
-
PTBA Kembangkan 500 Itik Petelur di Muara Enim, Hasilkan 200 Telur Omega per Hari
-
Raffi Ahmad Terseret Kasus Suap Impor, Padahal Cuma Basa-basi Titip Barang ke PT Blueray
-
Haji Bolot Dikabarkan Terkena Serangan Jantung, Posisi Masih di Rumah Sakit
Terkini
-
Dorong Pola Makan Seimbang, Konsumsi Buah dan Sayur Masih Jadi Tantangan di Indonesia
-
Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut
-
Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?
-
Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?
-
Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai
-
Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional
-
Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Kian Maju, Perlindungan terhadap HPV Jadi Fokus
-
Mikroplastik Ada di Makanan, Minuman, hingga Udara: Seberapa Besar Risikonya bagi Kesehatan?
-
Memilih Susu Anak Tak Cukup Lihat Kandungan DHA, Orang Tua Perlu Cermati Komposisi Utamanya
-
Pencernaan Sehat Jadi Kunci Anak Aktif, Lahap Makan, dan Tidur Nyenyak