Lifestyle / male
Ade Indra Kusuma | Vessy Dwirika Frizona
Ilustrasi interview saat melamar pekerjaan (Shutterstock).

Suara.com - 4 Tips Menjawab Pertanyaan Menjebak HRD saat Interview

Interview kerja merupakan salah satu tahapan penting yang harus dilalui calon pekerja untuk mendapat posisi tertentu di sebuah perusahaan. Wawancara kerja bertujuan untuk membangun koneksi antara pelamar dengan calon perusahaan tempat bekerja nantinya.

Oleh sebab itu, performa pada tahap interview kerja sangat memengaruhi score yang akan menentukan lolos atau tidaknya seseorang dalam seleksi kerja.

Agar lolos wawancara kerja dan meraih posisi yang diimpikan, ada beberapa tips dalam menjawab pertanyaan dari HRD atau pihak perusahaan. Seperti dilansir Allwomenstalk, Selasa (2/7/2019) inilah kiat-kiat menjawab pertanyaan agar lolos interview kerja.

Baca Juga: Bocah 7 Tahun Melamar Kerja ke Google

Ilustrasi pencari Kerja, melamar kerja, job seeker. (Shutterstock)

Bekali dengan wawasan umum

Tak peduli apa posisi yang Anda lamar secara spesifik. Entah itu akunting atau administrasi. Menyiapkan diri dengan bekal menambah wawasan tentang hal umum akan memberi nilai tambah saat interview. Sebab, perusahaan mungkin saja menguji wawasan Anda tentang isu-isu terbaru dunia. Maka, jadilah kandidat yang memiliki nilai tambah dari pelamar lainnya.

Waspada pertanyaan menjebak

Berhati-hatilah dengan pertanyaan yang menjebak. Seringkali pihak perusahaan memberi pertanyaab yang eksentrik. Misalnya, tentang siapa super hero favorit Anda atau berapa banyak bola tenis yang bisa masuk ke dalam mobil.

Pertanyaan seperti itu membutuhkan jawaban dengan analisa tajam. Meski memang tak ada jawaban pasti benar atau salah. Pihak perusahaan biasanya hanya ingin mengukur ketajaman berpikir dan mengetahui reaksi Anda ketika ditanya. Jadi, tetaplah tenang dan beri jawaban yang terbaik.

Baca Juga: Senin, Hari Terbaik untuk Melamar Kerja

Senyum

Komentar