LifeStyle / food-travel
Silfa Humairah Utami
Selasa, 30 Juni 2020 | 12:48 WIB
Sunyi House of Coffee and Hope, kafe dari dan untuk penyandang disabilitas. (Instagram/Sunyi House of Coffee and Hope)

Suara.com - Indahnya kebersamaan saat berada di Kafe Sunyi Coffee House and Hope di Jakarta Selatan bikin kamu betah berlama-lama sambil belajar tentang perbedaan. Apa yang berbeda?  tidak hanya menyuguhkan kopi dan makanan kekinian tapi tempat ini juga menyediakan fasilitas difabel hingga pegawainya kebanyakan difabel juga.

Kedai kopi yang terletak Jalan RS Fatmawati ini juga menyediakan tempat yang terakses bagi pengunjung penyandang disabilitas.

Untuk teman seperti untuk akses yang menggunakan kursi roda, hingga guiding block dan huruf braille untuk teman-teman tuna netra, hingga kursi dan meja yang mudah dipindahkan untuk pengguna kursi roda lebih leluasa pindah.

interior kafe dan banyak fasilitas lain yang memang di desain khusus untuk pelanggan penyandang disabilitas. Seperti ruang utama kafe yang dibuat agak luas agar mereka bisa bergerak dengan leluasa.

Ada juga meja bundar di dalam kafe untuk membantu bagi pelanggan tuna rungu berkomunikasi. Jadi dengan duduk berkeliling mereka dengan mudah melihat bahasa isyarat dari masing masing temanya.

Baca Juga: Saat Kafe di Turki Gunakan Manekin untuk Terapkan Social Distancing

Dibagikan oleh akun twitter @rezaresya, dalam video disebutkan hampir semua pegawainya teman-teman difabel, sehingga fasilitas untuk difabel disediakan di sana. Maka tak heran banyak pengunjung yang menyapa dan memanggil pegawai dengan bahasa isyarat. 

"Cara pesannya tinggal ke kasih dan tunjuk menu, semua pegawainya ramah dan tidak sungkan mengajarkan bahasa isyarat untuk menyapa dan lain-lain," ungkapnya dalam video. 

Nah, bukan hanya fasilitas, tak lengkap jika hanya membahas keunggulan sebuah kafe tanpa membahas soal menu andalan. Hidangan yang paling banyak dipesan adalah Kopi Sunyi. Kopi ini merupakan kopi yang menjadi ciri khas Sunyi Coffee House. Selain Kopi Sunyi, kedai ini juga punya kopi yang khas, karena terdiri dari campuran kopi, soda, dan lemon bernama Lemonzist.

Baca Juga: Barista Street Masa Pandemi, Warganet: Solusi Ngopi Gak Perlu ke Kafe

Komentar

BACA SELANJUTNYA

Bisa Sambil Ngopi, Serunya Main Bareng Kucing di The Cat Cabin Jakarta