Lifestyle / komunitas
Vania Rossa
Desain Ruang Santai ala Japandi. (Dekoruma)

Suara.com - Definisi dan posisi ruang santai di rumah sebenarnya sangat luas. Namun pada dasarnya, ruang santai adalah sebuah ruangan atau sudut di rumah yang jadi tujuan untuk melepas penat dan bersantai setelah lelah beraktivitas seharian di luar rumah.

Ruang santai juga bisa jadi ruangan untuk menikmati waktu dengan diri sendiri, menjalankan hobi, atau melakukan aktivitas-aktivitas lain yang disukai oleh pemilik rumah.

Ruang santai sendiri bisa berada di dalam ruangan, di luar ruangan, disiapkan dan didesain sebagai sebuah ruangan khusus, atau digabung dengan fungsi ruangan lain.

Pada umumnya, banyak pemilik rumah yang menjadikan ruang tamu atau ruang keluarga sebagai ruang santai. Dengan begitu, Anda masih bisa berinteraksi dengan anggota keluarga lain ketika sedang bersantai.

Baca Juga: 5 Desain Interior Apartemen Japandi yang Bisa Buat Hunian Lebih Nyaman

Namun, untuk privasi yang lebih banyak dan konsentrasi ketika sedang melakukan aktivitas pribadi, ruang santai juga bisa berada di ruangan lain yang sifatnya lebih privat dan tertutup. Misalnya di ruang kerja pribadi atau kamar tidur.

Supaya tetap indah dan praktis, gunakan desain Japanese-Scandinavian (Japandi) untuk ruang santai pada hunian. Desain minimalis yang esensial dari konsep Japandi memastikan ruangan tetap nyaman tanpa berlebihan, membuat Anda bisa fokus bersantai atau melakukan aktivitas.

Dekoruma telah menyiapkan lima desain ruang santai ala Japandi yang bervariasi. Mulai dari ruang santai di ruang keluarga yang homey dan nyaman, sampai ruang santai khusus di loteng rumah yang seru dan mengasyikkan.

1. Fungsikan Ruang Tamu yang Jarang Digunakan Jadi Ruang Santai

Desain Ruang Santai ala Japandi. (Dekoruma)

Jika sebelum pandemi ruang tamu di rumah sudah jarang digunakan, alih fungsikan ruang tamu menjadi ruang santai. Posisinya di bagian depan rumah tepat di pintu masuk yang berarti Anda masih bisa menikmati pemandangan ke depan rumah serta udara segar ketika pintu dan jendela dibuka.

Baca Juga: 5 Inspirasi Desain Interior Japandi Klasik yang Tak Lekang oleh Waktu

Begitu juga akses langsung ke ruangan lain di dalam rumah. Terlihat bagaimana pemilik rumah mendesain ruangan dengan khas Japandi. Dinding berwarna putih, sofa dua tempat duduk, kursi berlengan, dan ottoman berwarna abu-abu, serta meja kopi berdesain minimalis.

Komentar