Suara.com - Sarapan seringkali dianggap sepele oleh banyak orang yang memiliki jadwal padat. Pilihan makanan saat sarapan pagi pun tak selalu diperhatikan.
Padahal, sebuah studi dalam Journal of Dairy Science menunjukkan bahwa sarapan dengan makanan tinggi protein berbasis susu dapat memberikan manfaat lebih dari sekadar rasa kenyang.
Studi yang dilaporkan oleh Medical Daily ini mengungkapkan bahwa sarapan berbasis protein, seperti yogurt skyr dan oat, bukan hanya membuat kenyang lebih lama, tetapi juga membantu meningkatkan fokus sepanjang hari.
Penelitian yang melibatkan 30 wanita berusia 18 hingga 30 tahun ini menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi sarapan tinggi protein merasa lebih kenyang dan tidak mudah lapar dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi sarapan tinggi karbohidrat atau bahkan melewatkan sarapan sama sekali.
Peneliti utama dalam studi ini, Mette Hansen mengatakan, melewatkan sarapan pagi kerap dikaitkan dengan risiko kelebihan berat badan. Menurutnya, sarapan dengan kandungan protein tinggi membantu menjaga rasa kenyang lebih lama dan memiliki efek positif pada konsentrasi.
"Kandungan protein, serat, dan kalsium dalam sarapan terbukti memberikan dampak kesehatan yang signifikan," katanya, dikutip dari Antara, Kamis (7/11/2024).
Penelitian ini dilakukan dengan uji coba acak. Para partisipan mengonsumsi dua jenis sarapan berbeda, yaitu yogurt skyr dengan oat (tinggi protein) dan roti gandum utuh dengan selai raspberry serta jus apel (tinggi karbohidrat).
Kelompok lainnya tidak sarapan, hanya diberi air. Hasilnya, para peserta yang mengonsumsi sarapan tinggi protein menunjukkan peningkatan rasa kenyang dan lebih mampu mengendalikan nafsu makan di antara waktu makan.
Peneliti juga mengambil sampel darah untuk mengukur hormon pengatur nafsu makan, insulin, dan kadar glukosa. Hasilnya menunjukkan bahwa sarapan tinggi protein mampu membantu menjaga energi tanpa meningkatkan asupan kalori secara signifikan.
Namun, Hansen menekankan bahwa meskipun sarapan kaya protein ini membantu menahan lapar, hal ini tidak berdampak besar pada penurunan berat badan secara langsung.
Berita Terkait
-
Wajib Sarapan? Ah, Bohong! Ini Kata Ilmuwan Soal Jam Makan Terbaik Versi Kamu
-
7 Manfaat Pepaya untuk Sarapan Pagi: Bikin Tubuh Segar dan Sehat Terhindar dari Kanker!
-
Bahaya Melewatkan Sarapan Pagi, Apa Dampaknya Bagi Kesehatan?
-
Sarapan Tinggi Lemak Lebih Baik untuk Wanita? Studi Terbaru Ungkap Alasannya!
-
Benarkah Menunda Sarapan Lebih Sehat dan Memperpanjang Usia? Ini Penjelasan Pakar
Terpopuler
- 10 Pantangan Feng Shui Rumah yang Sebaiknya Dihindari, dari Pintu hingga Kamar Mandi
- 3 HP Xiaomi RAM 8 GB Murah di Bawah Rp1 Juta, Ini Pilihannya
- 3 HP Infinix Memori 256 GB dan NFC Harga Rp1 Jutaan, Solusi Multitasking hingga Gaming
- KPAI Desak Audit Total MBG: Tata Kelola Gagal, Anak-anak Jadi Korban Ambisi Program
- Ramalan Shio 9 Agustus 2026: 5 Shio Bakal Buang Kesialan dan Buka Jalan Keberuntungan
Pilihan
-
Sudah Dibangun Sejak 2023, Sejauh Mana Bibit Sriwijaya Kemampo Pulihkan Hutan Sumsel?
-
Napak Tilas Jejak Kolonial Londo Ireng di Makam Kherkof Purworejo
-
100 Personel Damkar Masih Berjibaku Padamkan Kebakaran Gedung Bapenda DKI
-
Kantor Bapenda DKI Jakarta Dilalap si Jago Merah, Api Semakin Membesar
-
Bocoran Reshuffle Kabinet Agustus: Norman Joesoef Bakal Dilantik Jadi Wamenhan RI
Terkini
-
Kebakaran Empat Lawang, 20 Rumah Terdampak dan Kerugian Tembus Rp5,2 Miliar
-
3 Pelaku Begal Polisi di Palembang Ternyata Ayah, Anak dan Seorang Perempuan
-
Jadi Ojek Pangkalan, Polisi di Palembang Ditusuk 4 Kali dan Motornya Dibawa Kabur Begal
-
Kemiskinan Sumsel Turun, Garis Kemiskinan Naik 3,15 Persen Jadi Rp628 Ribu Per Bulan
-
Kasus Iklan BJB, Ada Dugaan Aliran Dana ke Lisa Mariana Lewat Pihak Nominee
-
KPK Tahan Bos-Bos Iklan Bank BJB, Dirut Yuddy Renaldi Mendadak Sakit Saat Akan Dibui
-
BRI Beri Diskon Spesial Seminar Johnny Andrean Lewat Aplikasi BRImo
-
Menuju IFRC 2026, ERT NHM Perdalam Teknik dan Strategi Penyelamatan
-
Gelar Dicopot! Profil Menantu Sultan Brunei yang Bikin Penasaran Publik, Ternyata Ini Kasusnya
-
PSSI Murka! Justin Hubner dan Keluarga Jadi Sasaran Ancaman, Publik Diminta Hentikan Serangan