Wahana komidi putar yang sempat roboh dalam arena Jakarta Fair Kemayoran, Jakarta Pusat, sudah kembali dioperasikan. Waktu perbaikan hanya dilakukan dalam satu malam. [Suara.com/Stephanus Aranditio]

Suara.com - Wahana komidi putar yang sempat roboh dalam arena Jakarta Fair Kemayoran, Jakarta Pusat, sudah kembali dioperasikan. Waktu perbaikan hanya dilakukan dalam satu malam.

Berdasarkan pantauan Suara.com di lokasi, petugas yang terdiri dari 5 orang bersama seorang operator sedang memeriksa keamanan terkini dari komisi putar tersebut.

Petugas operator wahana mengatakan pada saat kejadian, Senin (10/6/2019), sebenarnya seluruh mesin berjalan normal. Petugas yang berjaga juga tidak melakukan kesalahan saat pengoperasian.

Dia membeberkan,  saat kejadian, penumpang yang naik wahana berjumlah 5 orang—tiga laki-laki dan dua perempuan. Mereka sudah ditempatkan di kursi yang aman dan seimbang kiri-kanan.

"Sudah dibuat biar seimbang, 3 di kanan 2 di kiri, enggak tahu juga kenapa bisa begini," kata operator itu kepada Suara.com, Rabu (12/6/2019).

Namun mereka tidak menyangka, sekitar pukul 18.30 WIB salah satu sambungan las besi penyangga wahana patah sehingga mengakibatkan penumpang terjatuh.

"Ini sudah dibetulkan, sudah diperiksa lagi, habis kejadian malamnya langsung dibetulkan, semalam juga sudah dipakai lagi, ini dicek ulang," jelasnya.

Dia menambahkan, wahana ini biasanya mampu menopang beban 50-150 kilogram per kursinya, mereka selalu mengoperasikannya di batas kecepatan normal yakni 20-25 kilometer per jam.