Agung Sandy Lesmana | Yosea Arga Pramudita
Rabu, 23 Oktober 2019 | 12:04 WIB
Aktivis Greenpeace membentangkan spanduk di Patung Selamat Datang, di Bundaran HI, Jakarta, Rabu (23/10).[Suara.com/Arya Manggala]

Suara.com - Beberapa orang dari Greenpeace Indonesia memanjat patung ikonik di Jakarta, Patung Selamat Datang di Bundaran HI pada Rabu (23/10/2019).

Mereka membentangkan dua buah spanduk raksasa yang berisi pesan penting yang ditujukkan kepada Presiden Joko Widodo yang hari ini resmi melantik kabinet menteri di pemerintahan periode keduanya.

Kabag Humas Polres Metro Jakarta Pusat, Kompol Purwadi mengaku telah membujuk para pemanjat patung tersebut agar bisa segara turun.

"Kami sudah membujuknya, namun mereka belum mau turun," kata Purwadi kepada wartawan.

Dalam hal ini, aparat kepolisian telah berkoordinasi dengan Suku Dinas Penanggulan Kebakaran dan Penyelematan Jakarta Pusat guna melakukan evakuasi.

Kasusdin Gulkarmat Jakarta Pusat, Hardisiswan mengaku, pihaknya belum mengetahui identitas sosok yang memanjat patung dan membentangkan spanduk.

"Dinas Kehutanan lagi koordinasi dengan Dinas damkar yang punya mobil tangga. Sudin tidak punya," ujarnya.

Pantauan SUARA.COM di Bundaran HI, mereka memanjat patung Selamat Datang dan langsung membentangkan spanduk berwarna kuning yang bertuliskan "Orang Baik Pilih Energi Baik #ReformasiDikorupsi" ke arah urata.

Kemudian mereka juga membentangkan spanduk ke arah selatan dengan tulisan "Lawan Perusak Hutan #ReformasiDikorupsi".

Greenpeace sendiri menyerukan pesan untuk meninggalkan energi kotor seperti batu bara dan melakukan penyelamatan hutan.

Menurut Greenpeace, dua sektor utama, yaitu energi dan hutan harus menjadi perhatian khusus bagi Presiden Jokowi dan kabinet barunya, jika ingin benar-benar mengatasi dan memukul mundur krisis iklim.