Chandra Iswinarno | Fakhri Fuadi Muflih
Kamis, 05 Desember 2019 | 12:58 WIB
Proyek pembangunan tanggul laut raksasa di Kalibaru, Jakarta, Senin (7/5).

Suara.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan buka suara soal tanggul National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) di Muara Baru, Jakarta Utara yang jebol.

Tanggul tersebut diketahui merupakan fasilitas yang dibuat oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Karena itu, Anies menyebut pihaknya mendukung Kementerian PUPR dalam perbaikan tanggul. Ia juga mengatakan akan memantau prosesnya melalui Dinas terkait.

"Jadi kejadian itu adalah kawasan yang dikelola PUPR, kita support saja," ujar Anies di Markas Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan pada Kamis (5/12/2019).

Mantan Mendikbud ini menyebut pihak PUPR bertindak cepat untuk menangani jebolnya tanggul. Pihaknya juga disebut Anies telah memenuhi kebutuhan PUPR dalam perbaikan.

"Dari hari Selasa (3/12/2019) sore mereka bekerja di sana, jadi kita pantau kita dukung apa yang dibutuhkan oleh teman-teman di PUPR," katanya.

Sebelumnya, tanggul buatan di Kawasan Muara Baru, Jakarta Utara dilaporkan jebol. Tanggul tersebut merupakan bagian proyek di National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) yang berlokasi dekat dengan pemukiman warga.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Juaini Yusuf membenarkan jebolnya tanggul itu. Menurutnya, saat ini sekitar tanggul sudah dipasang pagar pengaman agar masyarakat tidak biss mendekat ke tanggul itu untuk sementara.

"Saya lihat sih sementara lagi dipengaman ini saja, (pasang) pagar pengaman," ujar Juaini saat dihubungi pada Rabu (4/12/2019).

Read more...