News / nasional
Rifan Aditya
Ilustrasi guru honorer, Info GTK kemendikbud.go.id 2021, Satu Juta Guru Honorer Jadi PPPK

Suara.com - Ada kabar gembira bagi para guru dan tenaga kependidikan (GTK) di seluruh Indonesia khususnya yang berstatus guru tidak tetap (GTT). Info GTK terbaru menyebutkan bahwa ada kuota satu juta guru honorer jadi PPPK. Seleksi PPPK 2021 ini rencananya bakal dimulai Juni 2021.

Seperti tertulis dalam gtk.kemdikbud.go.id, Senin (15/2/2021), pemerintah telah membuka kuota hingga satu juta guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bagi guru honorer bagi segala usia. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, mengatakan pembukaan seleksi PPPK ini merupakan upaya pemerintah dalam menyelesaikan masalah kekurangan guru serta kesejahteraan guru honorer di berbagai daerah.

Nadiem menambahkan, meski tahun 2021 kuota satu juta guru honorer jadi PPPK, para guru tetap harus mengikuti seleksi sesuai prosedur. Nadiem juga menjelaskan tidak akan ada pengangkatan PPPK lewat jalur rekomendasi atau sekadar memperhitungkan lama mengajar.

“Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara tidak memperbolehkan kita mengangkat PPPK atau PNS tanpa seleksi,” tukas Nadiem.

Baca Juga: KIP Kuliah 2021 Kemendikbud: Jadwal, Syarat, hingga Alur Pendaftaran

Skema Guru Honorer Jadi PPPK 2021

Nadiem memberi contoh meski tahun 2021 kuota satu juta guru honorer jadi PPPK. Tetapi jika yang lolos seleksi cuma 100.000, maka 100.000 itulah yang diangkat menjadi PPPK.

Guru yang berstatus PPPK ini nantinya akan mendapatkan perlakuan yang sama dengan guru PNS termasuk gaji dan tunjangan.

Lebih lanjut, Nadiem mengemukakan setiap guru honorer diberi kesempatan maksimal tiga kali untuk mengikuti seleksi PPPK. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan akan mempersiapkan materi-materi pembelajaran sehingga para guru dapat belajar secara mandiri.      

Mendikbud menegaskan tahun 2021 kuota satu juta guru honorer jadi PPPK ini terbuka di seluruh wilayah di Indonesia. Nadiem menegaskan, setiap daerah tidak perlu ragu lagi membuka lowongan PPPK.

Baca Juga: Cara Dapat Kuota Internet Gratis Kemendikbud 2021

Pasalnya, anggaran, seleksi, dan gaji semuanya sudah disediakan oleh pemerintah pusat. Anggaran untuk PPPK ini tidak akan diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Komentar