News / metropolitan
Liberty Jemadu | Ummi Hadyah Saleh
Jakarta akan menggelar ragam acara untuk menyambut Ramadhan. Foto: Suasana pencahayaan Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (11/12/2021). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Suara.com - Menyambut bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1443 Hijriah, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar sejumlah acara mulai dari festival jazz hingga Salat Id di Stadion JIS atau Jakarta International Stadium.

Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual Provinsi DKI Jakarta, Gunas Mahdianto mengatakan rangkaian kegiatan di bulan Ramadhan itu diharapkan dapat memberikan semangat masyarakat untuk lebih khusyuk beribadah dan meningkatkan tali persaudaraan.

"Kami berharap kegiatan ini mampu memantik semangat masyarakat untuk tetap lebih khusuk ibadah, meningkatkan ukhuwah, dan menyemarakkan bulan Ramadhan. Selain itu ada juga kegiatan amal yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat berbagi antarsesama," ujar Gunas, Sabtu (2/4/2022).

Kata Gunas, kegiatan dilakukan dengan kolaborasi antar OPD Provinsi DKI Jakarta dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta.

Baca Juga: Ada 633 Kasus Covid-19 Baru di Jakarta

Ragam kegiatan untuk menyambut Ramadhan dan Idulfitri 1443 antara lain Munggahan Ramadan dengan para pimpinan lembaga dan organisasi masyarakat Islam pada 1 April 2022; Ramadan Market dan Jazz Festival dalam bentuk bazar untuk menggairahkan aktivitas ekonomi UMKM, serta penampilan musik dan dakwah di Lapangan Banteng pada tanggal 11-24 April 2022.

Ada pula Ramadan Market Festival di setiap kelurahan dengan menyajikan makanan buka puasa dan produksi usaha mikro kecil; Wisata Religi Spesial Ramadan untuk merasakan keberadaan peradaban Islam di Jakarta; rangkaian kunjungan Gubernur ke masjid/pondok pesantren, dan sebagainya.

Juga akan digelar Festival Malam Takbiran di Jakarta International Stadium pada malam lebaran dan Salat Id pada keesokan harinya di tempat yang sama.

"Untuk info lebih lengkap dan jadwal acara lebih lanjut, dapat diakses melalui instagram @ramadandijkt," tandas Gunas.

Baca Juga: Jokowi: Selamat Ramadhan 2022, Silakan Tarawih Berjemaah, Idul Fitri Bisa Mudik

Komentar

terkini