News / nasional
Iwan Supriyatna | Yosea Arga Pramudita
Massa buruh menggelar aksi di depan Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Sabtu (14/5/2022). [Suara.com/Faqih Fathurrahman]

Suara.com - Usai menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR RI, Sabtu (14/5/2022) hari ini, puluhan ribu massa dari Partai Buruh dan serikat lainnya mulai berdatangan ke area Stadion Utama Gelora Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat. Di lokasi tersebut, massa buruh akan merayakan puncak Hari Buruh bertajuk "Fiesta".

Pantauan Suara.com pukul 12.00 WIB, mayoritas massa yang mengenakan kaos berwarna oranye bertuliskan "Partai Buruh" mulai memasuki Stadion Utama GBK. Massa yang bergerak dari Gedung DPR RI terpantau berbaris dengan teratur ketika memasuki Zona 12 A Pintu 91-92.

Orator yang berada di atas mobil komando juga meminta massa untuk segera memasuki stadion dengan tertib. Orator juga meminta massa untuk tidak membawa korek ketika acara berlangsung guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu, polisi telah menyiagakan pengamanan. Salah satunya menurunkan mobil barracuda dan raisa (pengurai massa).

Baca Juga: Usai Aksi di Depan DPR, Massa Buruh Bergerak ke GBK Hadiri Puncak May Day Fiesta

Sejumlah kendaraan tersebut terparkir di Zona 10 GBK. Selain itu, terdapat pula mobil ambulans yang telah bersiga.

Tidak hanya itu, terdapat pula sejumlah motor trail milik anggota Brimob Polri. Massa buruh yang tidak bergerak ke Gedung DPR RI terpantau sudah memadati kawasan GBK.
Rata-rata massa aksi mengenakan kaos berwarna oranye dengan tulisan 'Partai Buruh'.

Atisipasi Penyusup

Terkait perayaan hari buruh hari ini, polisi telah menyiagakan pengamanan guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Salah satunya adalah menghidari adanya penyusup. Nantinya, polisi akan bersiaga di beberapa pintu masuk dan akan melakukan pemeriksaan secara ketat.

Baca Juga: Buruh Bawa 17 Tuntutan di Depan DPR, Said Iqbal: Hanya Ada 1 Kata Jika Tak Dipenuhi, Lawan!

"Di pintu ring 2, ada 8 pintu masuk di sini pintu A  sampai dengan H itu akan kita lakukan pemeriksaan, tentunya kita berharap juga ini tidak dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok lain yang memang yang bukan buruh," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin di kawasan, GBK, Sabtu (14/5/2022).

Komentar