RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Selasa, 10 Desember 2019 | 16:00 WIB
PT Piaggio Indonesia, resmi meluncurkan Vespa GTS Super Tech 300, di Jakarta, Jumat (20/9/2019). Sebagai ilustrasi produk Vespa [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan]

Suara.com - Piaggio Group Americas mengeluarkan surat penarikan kembali atau recall atas tiga model Vespa karena masalah pengereman.

Melansir RideAparts, setidaknya ada 1.328 unit yang diproduksi antara Oktober 2018 hingga September 2019. Model yang terpengaruh di antaranya Vespa GTS 300, Vespa GTV 300, dan Vespa GTS 300 HPE.

Dalam masalah ini, pabrikan menemukan bahwa permukaan pelapisan terminal selang rem belum digalvanisasi dengan baik. Sebagai dampaknya, bisa menyebabkan hilangnya efisiensi pengereman.

Peluncuran New Vespa GTS 150 cc dan 300 cc edisi 2017. Sebagai ilustrasi produk Piaggio [Suara.com/Insan Akbar Krisnamusi]

Kondisi itu akan membuat si pengendara perlu menarik tuas rem lebih keras dalam usaha menghentikan laju kendaraan. Dampak terburuk dari masalah ini tentunya kecelakaan yang tidak terhindarkan.

Perusahaan otomotif asal Italia itu mengklaim, masalah ini sudah dilaporkan ke seluruh jaringan dealer. Selain itu Piaggio juga tengah melakukan penyelidikan untuk memecahkan masalah ini.

Kampanye perbaikan akan diumumkan melalui surat pemberitahuan kepada para pemilik hingga 17 Januari 2020. Pemilik diundang untuk segera melakukan perbaikan tanpa dipungut biaya.

Read more...