Kimi Raikkonen saat masih memperkuat tim F1 Ferrari. [AFP/Andrej Isakovic]

Suara.com - Kimi Raikkonen mendapatkan sensasi membalap yang berkesan usai menggeber untuk pertama kalinya mobil balap Formula 1 (F1) milik tim Alfa Romeo di trek Fiorano, Italia.

"Kami memiliki sesi yang bagus di trek," kata Raikkonen seperti dikutip dari laman resmi F1, Sabtu (16/2/2019).

"Mobil ini terasa bagus dan aku mampu mendapatkan impresi pertama tentang mobil yang akan kami gunakan musim ini," mantan pebalap Ferrari ini menambahkan.

Alfa Romeo memperkenalkan mobil balap mereka yang dibalut livery edisi spesial bertemakan gambar hati ketika turun pada uji coba awal di sesi shakedown dan pengambilan gambar pada, Rabu (13/2/2019) lalu.

Raikkonen menyelesaikan 33 lap dan masih dalam batas 100 km yang diziinkan ketika menyelesaikan proses penyuntingan.

"Kami akan mengerjakan sejumlah detail terakhir dan menuju Barcelona untuk menjalani tes selama dua pekan. Aku menantikan untuk bisa mengenal mobil ini lebih baik di sana," kata Raikkonen.

Tim-tim F1 melakukan penyutingan di sesi shakedown karena itu merupakan kesempatan bagus untuk melakukan pengecekan sistem serta memberikan waktu kepada tim untuk memperbaiki kekurangan mereka sebelum turun di sesi tes pramusim.

"Setelah musim dingin panjang kami senang bisa berada di trek dengan mobil baru kami untuk pertama kali," kata Kepala Teknisi Alfa Romeo Simone Resta.

"Fokus dari pekerjaan kami hari ini adalah di aerodinamika, set-up, dan pengecekan piranti pendingin. Kami menjalani total 33 lap dan akan menggunakan data kami untuk mengetahui sejauh mana regulasi berpengaruh kepada mobil kami."

Kepala Tim Alfa Romeo Fred Vasseur menambahkan bahwa semua anggota tim berjuang untuk memulai musim baru dengan landasan yang sebisa mungkin terbaik.

"Para pebalap dan kru kami termotivasi, dan kami menantikan untuk turun di kejuaraan serta memberikan performa yang kuat," kata Vasseur.

Alfa Romeo baru secara resmi akan meluncurkan mobil balap mereka untuk musim balapan F1 2019 Sirkuit Catalunya, Spanyol pada, Senin (18/2/2019) pagi waktu setempat.