Rizki Nurmansyah
Rabu, 13 November 2019 | 15:01 WIB
Petinju kenamaan Meksiko, Saul Alvarez, dalam acara timbang badan jelang pertarungan melawan Gennady Golovkin (Kazakhstan) di MGM Grand Hotel & Casino, Las Vegas, Amerika Serikat, Jumat (15/9/2017). [AFP/John Gurzinski]

Suara.com - Petinju kenamaan Meksiko, Saul Alvarez, kemungkinan akan menghadapi petinju tak terkalahkan Inggris, Billy Joe Saunders, dalam pertarungan unifikasi gelar pada Mei 2020 mendatang.

Setelah itu, dilansir dari ESPN, Rabu (13/11/2019), Alvarez akan melakukan duel Jilid III melawan Gennady Golovkin dari Kazakhstan, pada bulan September 2020.

Pada awal November 2019, Saul Alvarez baru saja mengukir tinta emas dengan menjadi juara dunia di kelas berat ringan.

Sejarah itu diukirnya usai menang TKO ronde ke-11 atas pemegang sabuk juara dunia kelas berat ringan WBO, Sergey Kovalev.

Alvarez juga tercatat masih menjadi juara dunia di kelas menengah dan menengah super.

Petinju Meksiko Saul Alvarez (kiri), berfoto bersama dengan juara dunia tinju kelas berat ringan WBO Sergey Kovalev (Rusia) usai konferensi pers jelang duel keduanya di MGM Grand Hotel, Las Vegas, AS pada, Rabu (30/10/2019). [AFP/Getty Images North America/Ethan Miller]

Sementara, Sabtu (9/11/2019) lalu, Saunders baru saja berhasil mempertahankan sabuk juara dunia kelas menengah super WBO miliknya.

Prestasi itu dicatatkan Saunders dengan menang TKO ronde 11 atas Marcelo Esteban Coceres (Argentina) dalam kejuaraan tinju dunia di Staples Center, Los Angeles, AS.

Usai pertarungan, petinju Inggris berusia 30 tahun itu pun menantang Saul Alvarez untuk melakukan duel unifikasi gelar.

Petinju Inggris, Billy Joe Saunders (kanan), mendaratkan pukulan ke arah kompatriotnya Kevin Hammond dalam pertarungan kelas menengah di O2 Arena, London, Inggris, Sabtu (21/5/2011). [AFP/Ian Kington]

"Alvarez, jika kamu ingin menjadi juara dunia di empat kelas yang sesungguhnya, maka hadapi saya. Karena ini waktu yang tepat untuk berduel," ujar Saunders yang kini memiliki rekor tanding 29 kali tarung tanpa terkalahkan.

Read more...