Rizki Nurmansyah
Minggu, 17 November 2019 | 08:05 WIB
Petinju Keith Thurman (kanan) terjatuh di kanvas usai dipukul penantangnya, Manny Pacquiao (tengah), dalam duel di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, AS, Sabtu (20/7/2019). [AFP/John Gurzinski]

Suara.com - Terjangan dan kerasnya pukulan Manny Pacquiao masih dirasakan dan diingat betul oleh Ippo Gala. Ippo satu-satunya petinju Indonesia yang pernah berhadapan dengan ikon tinju dunia itu.

Duel antar keduanya berlangsung di Mandaluyong City Sports Complex, Filipina pada 27 Juli 1996.

Ippo Gala yang saat itu berusia 28 tahun tak berdaya menghadapi petinju tuan rumah yang terpaut sembilan tahun lebih muda darinya.

Serangkaian pukulan yang sulit terbaca membuat Ippo Gala menyerah. Ia kalah TKO pada ronde kedua dalam pertarungan non gelar kelas terbang super.

Berita Manny Pacquiao yang pernah meng-TKO eks petinju Indonesia itu jadi berita yang paling populer di kanal sport Suara.com sepanjang pekan ini.

Ippo Gala menunjukkan koleksi dua sabuk gelar juara nasional di kediamannya di kawasan Cakung, Jakarta Timur, Senin (11/11/2019). Ia menjadi satu-satunya petinju Indonesia yang pernah melawan ikon tinju dunia Manny Pacquiao. [Suara.com/Arief Apriadi]

Secara keseluruhan berita mengenai Manny Pacquiao mendominasi jajaran Top 5 Olahraga Sepekan.

Di luar itu ada berita dari cabang olahraga bulutangkis, yakni the next Kevin Sanjaya Sukamuljo yang dicoret dari SEA Games 2019.

Mau tahu lebih lengkap mengenai berita-berita tersebut? Simak dalam ulasan Top 5 Olahraga Sepekan berikut ini:

1. Kalah TKO dari Pacquiao, Eks Petinju Indonesia: Pukulannya Cepat seperti...

Ikon tinju asal Filipina, Manny Pacquiao (kiri), melakukan latihan terbuka untuk umum bersama sang pelatih, Freddie Roach, di California, AS, Rabu (10/7/2019). [AFP/Frederic J. Brown]

Sekitar 23 tahun sudah berlalu. Namun terjangan dan kerasnya pukulan Manny Pacquiao masih dirasakan dan diingat betul oleh Ippo Gala.

Ippo Gala merupakan satu-satunya petinju Indonesia yang pernah berhadapan dengan petinju Filipina yang kini menjadi ikon tinju dunia itu.

Baca selengkapnya

2. Tinju Dunia: Manny Pacquiao Ditantang Raja KO dari AS

Foto kolase Manny Pacquiao dan Vergil Ortiz. [AFP/John Gurzkinski/Instagram@vergilortiz]

Rising star tinju Amerika Serikat, Vergil Ortiz Jr berharap tahun depan mendapat kesempatan berduel dengan petinju top dunia. Salah satunya melawan Manny Pacquiao.

Ortiz yang baru 14 kali bertarung dan semuanya dimenangkan lewat KO, mengaku tersanjung apabila bisa berduel lawan ikon tinju dunia dari Filipina itu.

Baca selengkapnya

3. Sesumbar, Corley: Saya Akan Pukul KO Manny Pacquiao, Mungkin Ronde 6 atau 7

Ikon tinju dunia, Manny Pacquiao (tengah), menjadi juara dunia baru kelas welter WBA (Super) usai mengalahkan juara bertahan Keith Thurman di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, AS, Sabtu (20/7/2019). [AFP/John Gurzinski]

Petinju veteran Amerika Serikat, DeMarcus Corley sesumbar mampu memukul KO Manny Pacquiao bila punya kesempatan bertarung melawan ikon tinju dunia tersebut.

Bahkan, petinju kidal ini begitu percaya diri bisa menang KO di ronde keenam atau tujuh.

Baca selengkapnya

4. The Next Kevin Sanjaya Dicoret dari Skuat SEA Games 2019

(Dari kiri): Alan Budikusuma, Daniel Marthin, Leo Rolly Carnando, dan Kabid Binpres PBSI Susy Susanti usai seremoni penyerahan medali Kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis 2019 di Kazan, Rusia, Minggu (13/10). [Humas PBSI]

Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) melakukan sedikit perubahan dalam susunan skuat menjelang SEA Games 2019. Leo Rolly Carnando dicoret dan digantikan Daniel Marthin.

Leo Rolly Carnando, peraih dua medali emas Kejuaraan Dunia Junior di sektor ganda putra (2019) dan ganda campuran (2018) disebut PBSI tak dalam kondisi fit untuk mengikuti ajang dua tahunan itu.

Baca selengkapnya

5. Pernah Duel dengan Manny Pacquiao, Eks Petinju RI Banting Setir Jadi Satpam

Ippo Gala saat menunjukkan koleksi dua sabuk gelar juara nasional di kediamannya di kawasan Cakung, Jakarta Timur, Senin (11/11/2019). Ia menjadi satu-satunya petinju Indonesia yang pernah melawan ikon tinju dunia Manny Pacquiao. [Suara.com/Arief Apriadi]

Nasib tak pernah bisa ditebak. Begitulah yang dialami Ippo Gala, mantan petinju Indonesia yang kini banting setir menjadi satuan pengamanan (satpam) di sebuah pabrik di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Ippo Gala bukan petinju sembarangan. Pria kelahiran Cilacap, Jawa Tengah, 11 Agustus 1969 itu merupakan juara nasional kelas terbang pada tahun 1986-1999, dan 1995-1996.

Baca selengkapnya