Sport / raket
Arief Apriadi
Ekpresi pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, setelah kehilangan poin dari Akane Yamaguchi (Jepang) dalam laga semifinal Piala Sudirman 2019 di Nanning, China, Sabtu (25/5). [AFP/Wang Zhao]

Suara.com - Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) resmi mengumumkan bahwa Gregoria Mariska Tunjung tidak akan mengikuti ajang All England 2021. Tunggal putri peringkat 22 dunia itu mundur karena masalah cedera.

Pengumuman itu disampaikan Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PBSI, Rionny Mainaky satu hari jelang wakil-wakil Merah Putih bertolak ke Birmingham, Inggris, pada Jumat (12/3/2021).

Adik dari pelatih Richard Mainaky itu menjelaskan bahwa Gregoria Mariska Tunjung tidak dalam kondisi fit untuk mengikuti turnamen.

Gregoria Mariska disebut Rionny tengah mengalami masalah pada paha kanan. Meski masih bisa berlatih, performa tunggal putri jebolan klub Mutiara Cardinal itu diprediksi tak akan maksimal.

Baca Juga: Top 5 Sport: Menanti Tuah Cal Crutchlow, Begini Harapan Yamaha

"All England 2021 ini sejatinya digunakan PBSI untuk mengirim pemain-pemain dengan target juara. Khusus Gregoria, karena penampilannya belakangan mampu merepotkan pemain top, saya ingin beri dia kesempatan," kata Rionny Mainaky dalam acara bincang media via Zoom, Kamis (11/3/2021).

"Tapi saat ini dia tidak siap untuk bermain, karena kondisinya kurang bagus. Jadi kami putuskan Gregoria mundur [dari All England 2021]," tambahnya.

Lebih jauh, Rionny menegaskan bahwa cedera yang dialami Gregoria tidak parah. Sang pemain masih mampu berlatih, tetapi saat ini harus mendapatkan tambahan gizi agar proses pemulihannya bisa berlangsung cepat.

"Sekarang sudah latihan, dia tetap latihan. Ini dilakukan agar pada persiapan berikutnya dia tidak mengulang program dari nol," tutur Rionny Mainaky.

All England 2021 akan berlangsung di Birmingham Arena, Inggris. Turnamen bulutangkis tertua di dunia dengan level Super 1000 itu bakal bergulir pada 17-21 Maret mendatang.

Baca Juga: Fajar Alfian akan Lebih Fokus di All England 2021

Komentar