Sport / balap
Syaiful Rachman
Pebalap tim Pramac Racing Jorge Martin menjalani sesi latihan bebas Grand Prix Styria, Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria. (6/8/2021) (ANTARA/REUTERS/Joe Klamar)

Suara.com - Rookie tim Pramac Racing Jorge Martin merebut pole position MotoGP Styria dengan memecahkan rekor lap sirkuit Red Bull Ring, Austria di babak kualifikasi, Sabtu (7/8/2021).

Pebalap Spanyol itu merebut pole position keduanya musim ini dengan catatan 1:22,994 demi mematahkan rekor trek yang dipegang sebelumnya oleh Marc Marquez (1:23,027) pada 2019.

Pebalap tim Ducati Francesco Bagnaia menegaskan kecepatan motor Desmosedici di posisi kedua dengan selisih 0,044 detik di saat pemuncak klasemen sementara harus puas melengkapi baris terdepan di posisi ketika setelah catatan lap terbaiknya, yang bahkan mengalahkan torehan Martin, dibatalkan karena ia melanggar limit trek, demikian laman resmi MotoGP.

Empat Ducati mengisi enam posisi start terdepan ketika Jack Miller dan Johann Zarco mengapit juara dunia bertahan Joan Mir dari tim Suzuki di baris kedua.

Baca Juga: Allegri dan Mourinho Kembali ke Serie A, Inter Milan Wajib Waspadai Juventus dan AS Roma

Mir dan Alex Rins untuk pertama kalinya menggunakan alat pengatur ketinggian motor dari Suzuki pada Sabtu pagi, yang berarti semua enam pabrikan sekarang telah memiliki peranti itu tersemat di motornya, yang bisa digunakan saat start dan menghindari akselerasi berlebihan di sepanjang balapan.

Aleix Espargaro cukup kompetitif di atas Aprilia dan bakal start dari P7 di depan Marc Marquez, yang sempat terjatuh di akhir sesi, dan Maverick Vinales.

Pebalap tim KTM Factory Racing Miguel Oliveira, yang pernah juara di Spielberg tahun lalu, mengalami cedera di pergelangan tangan kanannya setelah terjatuh di FP3. Sang pebalap Portugal akan start dari P12 di belakang Takaaki Nakagami dan Alex Marquez.

Paruh kedua musim MotoGP 2021 dimulai dengan dua balapan beruntun di Red Bull Ring, Austria.

Lima pebalap berbeda dan dari empat pabrikan telah meraih kemenangan dalam sembilan balapan pertama, sedangkan Quartararo saat ini memuncaki klasemen pebalap sementara dengan keunggulan 34 poin dari Johann Zarco.

Baca Juga: James Rodriguez: Jika Messi Main Bareng Ronaldo di Juventus, Serie A Bakal 'Meledak'

Pada saat Quartararo telah menang empat balapan musim ini, Zarco masih mencari kemenangan pertamanya dalam kelas premier setelah empat kali finis runner-up pada paruh pertama musim.

Komentar