Tekno / internet
Dythia Novianty
Ilustrasi penggunaan layanan eBay. [Shutterstock]

Suara.com - Penyelidik Amerika Serikat menemukan jaringan keuangan global yang dijalankan oleh pejabat senior Isis. Mereka menyalurkan uang untuk biaya operasi yang diduga di AS dilakukan melalui akun palsu eBay.

Penerima dana yang diduga adalah warga negara Amerika berusia awal 30-an, telah ditangkap lebih dari setahun lalu di Maryland. Penangkapan terjadi setelah sebuah operasi pengawasan Biro Investigasi Federal yang panjang, menemukan petunjuk pertama jaringan yang dicurigai.

Sebuah dakwaan pemerintah pada 2016 menuduh bahwa tersangka Amerika, Mohamed Elshinawy, berjanji setia kepada Isis. Dia telah berpura-pura menjual printer komputer di eBay sebagai penutup, untuk menyalurkan pembayaran ISIS dilakukan melalui PayPal, yang berpotensi mendanai serangan teror.

Baru-baru ini, FBI mengajukan surat pernyataan ke pengadilan federal di Baltimore, menuduh bahwa Elshinawy adalah bagian dari jaringan global yang membentang dari Inggris ke Bangladesh. Dia diduga menggunakan skema serupa untuk mendanai Isis dan diarahkan oleh seorang tokoh Isis senior yang sekarang sudah meninggal di Suriah, Siful Sujan.

Baca Juga: Mobil Van FBI untuk Memata-matai Orang Dijual di eBay, Berminat?

Pemerintah AS telah mengatakan bahwa Elshinawy diinstruksikan menggunakan uang tersebut untuk tujuan operasional di AS. Dia telah mengaku tidak bersalah mendukung kelompok teror tersebut dan saat ini berada dalam tahanan federal yang sedang menunggu persidangan.

Pengacaranya menolak berkomentar. Kasus tersebut menunjukkan bagaimana Isis mencoba memanfaatkan celah di dunia keuangan online yang luas untuk membiayai teror di luar batasnya. [Fox News]

baca juga

tag