Tekno / sains
Dythia Novianty
Lukisan Mona Lisa di Louvre. [AFP]

Suara.com - Para ilmuwan di Louvre di Paris, menemukan sebuah gambar yang diduga "sisi lain" lukisan Mona Lisa. Gambar tanpa busana tersebut diduga memiliki kemiripan mencolok dengan Mona Lisa.

Mereka menduga, gambar tersebut juga merupakan hasil goresan tangan Leonardo da Vinci. Gambar yang dibuat dalam bentuk sketsa dikenal sebagai "Monna Vanna" yang telah dikaitkan dengan studio master Florentine.

Lukisan besar telah dipamerkan sejak 1862 dalam koleksi besar seni Renaisans di Museum Conde di istana Chantilly, sebelah utara ibukota Prancis.

Kurator dari museum percaya bahwa setelah satu bulan tes di Louvre setidaknya sebagian gambar merupakan hasil karya Leonardo.

Baca Juga: Apakah Mona Lisa sedang Tersenyum? Ini Versi Ilmuwan

"Gambar itu memiliki kualitas seperti tampilan wajah dan tangan yang benar-benar luar biasa. Ini bukan salinan yang tanpa ekspresi," kata kurator Mathieu Deldicque dikutip Asia One dari AFP.

"Kami melihat sesuatu yang dikerjakan bersamaan dengan Mona Lisa pada akhir kehidupan Leonardo. Sudah hampir pasti sebuah karya persiapan untuk sebuah lukisan cat minyak," tambahnya.

Dia pun semakin yakin dengan kesimpulan yang jelas karena berhubungan erat dengan Mona Lisa.

Tangan dan tubuh, kata Deldicque, hampir identik dengan karya Leonardo yang tak tergoyahkan.

"Gambarnya hampir sama ukurannya dengan Mona Lisa dan lubang kecil menusuk sosok menunjukkan fakta bahwa benda itu mungkin digunakan untuk melacak bentuknya ke kanvas," katanya.

Baca Juga: Benarkah Mona Lisa Seorang Perempuan Cina?

Ahli konservasi Louvre Bruno Mottin membenarkan bahwa gambar tersebut berasal dari masa hidup Leonardo pada pergantian abad ke-15 dan bahwa memang berkualitas tinggi.

baca juga