Tekno / internet
Dythia Novianty
Poster drama “Itaewon Class” (jtbcworldwide.com)

Suara.com - K-pop terus mendominasi percakapan global di Twitter dan informasi terbaru ini menunjukkan dampak media sosial ini terhadap penyebaran berbagai K-content di ranah global seperti drama populer, webtoon, film, serta K-Pop.

Hasil agregasi data ini berdasarkan analisa yang dilakukan Twitter dan VAIV Company terhadap Tweet global berbahasa Inggris pada periode Juli 2018 - Juni 2021.

Serial K-drama terkait K-pop yang paling banyak dibicarakan

Bagi banyak penggemar K-pop, K-drama adalah hal yang mereka coba setelah menyukai K-pop. Hal ini terlihat dari serial K-drama yang paling populer di Twitter.

Baca Juga: Tajir Melintir, Ini Top 5 Artis K-Pop Pria Terkaya 2021

Empat K-drama yang paling banyak dibicarakan di Twitter (global) adalah Kingdom di urutan pertama, Itaewon Class (yang diangkat dari webtoon) di urutan kedua.

Diikuti True Beauty di urutan ketiga, dan Vincenzo di urutan keempat.

K-Drama paling banyak dicuitkan. [Twitter]

True Beauty dan Vincenzo menampilkan bintang K-pop, seperti Cha Eun-woo (anggota grup ASTRO) yang berperan di True Beauty dan Ok Taec-yeon (anggota 2PM) yang berperan di serial Vincenzo.

Analisa Twitter dari kumpulan Tweet yang membicarakan Itaewon Class menunjukkan bahwa banyak Tweet tentang drama tersebut juga turut menyebutkan original soundtrack-nya, yaitu “Sweet Night” yang dibawakan oleh V, anggota grup K-pop BTS.

Word cloud hasil analisa data juga menunjukkan korelasi antara Itaewon Class dengan 11 drama lain pada paruh pertama 2021.

Baca Juga: Titip Beli Kue Ulang Tahun Lewat Ojol, Tulisan di Kuenya Bikin yang Baca Geleng-geleng

Webtoon yang paling banyak dibicarakan tunjukkan peningkatan minat yang berhubungan dengan K-drama

Komentar