Bisnis / makro
Iwan Supriyatna
Webinar KUM-ITT tahun 2021 mengambil tema Pendampingan Wirausaha Desa.

Suara.com - Kegiatan KUM-ITT tahun 2021 mengambil tema Pendampingan Wirausaha Desa dilaksanakan secara hybrid learning yaitu secara daring dan luring yang dilaksanakan dari bulan Juni hingga bulan Agustus 2021.

Pada Senin 7 Juni 2021 lalu telah dilaksanakan kegiatan KUM-ITT yaitu Presentasi Program Kerja (Proker) yang dilaksanakan oleh masing-masing kelompok didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan.

Kegiatan Presentasi Program Kerja ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Presentasi Program Kerja KUM-ITT dilaksanakan setelah melalui tahapan survei lapangan, diskusi dengan pihak perangkat Desa, para pemilik UMKM dan masyarakat lainnya.

Baca Juga: Menkop Teten: Presiden Minta Ada Percepatan Digitalisasi UMKM

Kegiatan Presentasi Program Kerja KUM-ITT 2021 dibuka oleh Dr. Ir. Muhammad Burhannudinnur, M.Sc. IPM (Direktur LPM) dan ditutup oleh Dr.Ir. Moch. Ischak, M.T. ( Sekteris Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat).

“Jumlah kelompok pada KUM-ITT 2021 sebanyak 11 kelompok (93 mahasiswa) dengan Program Kerja Utama berupa Desa Wisata di 2 Desa Kabupaten Pandeglang Banten, serta pendampingan dan pembinaan UMKM di Kabupaten Pandeglang Banten Cianjur Jawa Barat, Sumbawa NTB dan DKI Jakarta. Selain itu pelaksanaan luring mahasiswa juga akan melaksanakan program lainnya seperti penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, pembuatan perpustakaan, tanaman hidroponik, peningkatan gizi masyarakat,” kata Ir. Wawan Kurniawan, MT IPM selaku Kepala Pusat KKN / KUM-ITT LPM Universitas Trisakti ditulis Jumat (11/6/2021).

Dalam presentasi ini setiap kelompok KUM-ITT tidak hanya melaporkan/mempresentasikan program kerja saja namun dilakukan penilaian dan evaluasi oleh tim dosen penguji terkait tujuan program kerja maupun target keberlanjutan dari program kerja tersebut. Pelaksanaan program kerja dilaksanakan dengan Prokes yang ketat.

Luaran dari KKN/KUM ITT 2021 adalah pembentukan Desa Wisata, UMKM baru, HKI, pembuatan potensi desa yang diupload ke youtube, pemberitaan pelaksanaan kegiatan di media massa, rencana keberlanjutan, dan jurnal pengabdian masyarakat.

Pelaksanaan Program Kerja KKN /KUM ITT Tematik: Pemberdayaan Wirausaha Desa 2021 diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan secara nyata dan langsung dapat dirasakan masyarakat.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga: Desa Wisata Bisa Jadi Simbol Kebangkitan Ekonomi Nasional

Komentar