Bola / bola-dunia
Reky Kalumata
Kapten Barcelona Lionel Messi merayakan golnya ke gawang Ferencvaros dalam laga fase grup Liga Champions di Camp Nou. LLUIS GENE / AFP

Suara.com - Lionel Messi mencatat rekor setelah mencetak satu gol saat membawa Barcelona menggilas Ferencvaros di Liga Champions 5-1. Berikut fakta - fakta menarik usai laga Barcelona vs Ferencvaros.

Pada laga penyisihan Grup G Liga Champions di Camp Nou, Rabu (21/10/2020) dini hari WIB, Barcelona sudah unggul 2-0 di babak pertama lewat penalti Messi dan gol Ansu Fati.

Di babak kedua Philippe Coutinho memperbesar keunggulan sebelum Gerard Pique diusir dari lapangan dengan kartu merah langsung pada menit ke-68.

Para pemain Barcelona merayakan gol Lionel Messi ke gawang Ferencvaros dalam laga fase grup Liga Champions di Camp Nou. LLUIS GENE / AFP

Ferencvaros sempat membalas melalui eksekusi penalti Ihor Kharatin, tetapi Barcelona menegaskan perbedaan kelas antara kedua tim ketika Pedri dan Ousmane Dembele melengkapi kemenangan jadi 5-1.

Baca Juga: Termasuk Pique, Barcelona Resmi Perpanjang Kontrak 4 Pemain Sekaligus

Bagi Messi, satu gol yang diciptakan di laga tersebut menjadi catatan spesial. Seperti dilansir Opta, dia tercatat sebagai pemain pertama dalam sejarah Liga Champions yang mencetak gol dalam 16 musim beruntun.

Secara keseluruhan, tidak ada pemain yang mencetak gol di lebih banyak musim daripada Messi di Liga Champions. Messi sejajar dengan Ryan Giggs yang juga mencetak gol di 16 musim Liga Champions.

Selain rekor Messi, masih ada beberapa fakta - fakta menarik lainnya usai Barcelona menggilas Ferencvaros 5-1 seperti yang dihimpun dari Bbc Sport:

  1. Barcelona memperpanjang rekor tak terkalahkan mereka di Nou Camp di ajang Liga Champions menjadi 37 pertandingan (Menang 33, Seri 4); mereka juga tidak kebobolan lebih dari sekali dalam salah satu dari 37 pertandingan dalam proses ini.
  2. Sejak memenangkan pertandingan Liga Champions pertama mereka melawan Grasshopper Club Zürich pada September 1995, Ferencváros tidak pernah menang dalam enam pertandingan di kompetisi ini (Seri 2, Kalah 4), serta kebobolan 24 gol.
  3. Barcelona telah memenangkan pertandingan kandang pembuka mereka dalam 23 dari 25 musim Liga Champions (D2) mereka, termasuk masing-masing dari sembilan musim terakhir berturut-turut sejak bermain imbang 2-2 dengan AC Milan pada 2011-12.
  4. Ansu Fati telah mencetak empat gol dalam lima penampilan di semua kompetisi musim ini, terbanyak dari pemain mana pun untuk Barcelona di musim 2020-21.
  5. Fati adalah pemain pertama yang mencetak lebih dari satu gol Liga Champions sebelum berusia 18 tahun. Barcelona menjadi tim pertama yang memiliki dua pencetak gol berusia 17 tahun ke bawah dalam satu pertandingan Liga Champions (Ansu Fati dan Pedri).
  6. Gerard Pique menerima kartu merah keduanya dalam 117 penampilan Liga Champions, dan yang pertama sejak Oktober 2017 melawan Olympiakos.
  7. Tiga dari 10 gol Liga Champions Ferencvaros dari penalti (30%) - proporsi tertinggi dari klub mana pun dengan 10 gol atau lebih dalam sejarah kompetisi.

Komentar